HUBUNGAN ANTARA FOTO SEM DARI PERMUKAAN PATAHAN SPESIMEN UJI TARIK KOMPOSIT SERAT RUMPUT TEKI (CYPERUS ROTUNDUS) DENGAN KEKUATAN TARIK

Muhammad Rafiq Yanhar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan tarik komposit dengan foto permukaan dari patahan 3 buah spesimen uji tarik. Dalam penelitian ini serat yang digunakan adalah rumput teki (cyperus rotundus), serat jenis ini dipilih karena teki adalah gulma pertanian yang belum dimanfaatkan secara maksimal, sulit di musnahkan dan banyak dijumpai di lahan terbuka. Panjang serat yang digunakan yaitu 1 cm, 2 cm, dan 3 cm dengan kekuatan tarik masing – masing sebesar 23,99 MPa, 30,10 MPa, dan 18,91 MPa.

Hasil foto SEM permukaan patahan komposit dengan panjang serat 2 cm dan kekuatan tarik 30,10 MPa menunjukkan bahwa serat putus serta tidak ada rongga antara matriks dan serat. Maka dapat disimpulkan bahwa ikatan antara matriks dan serat terjadi dengan baik sehingga kekuatan tariknya menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan 2 spesimen yang lain.

Foto permukaan patahan komposit dengan panjang serat 1 cm dan kekuatan tarik 23,99 MPa. menunjukkan bahwa serat tersebut putus, namun ada sedikit rongga antara matriks dan serat. Maka dapat disimpulkan bahwa ikatan antara matriks dan serat kurang baik sehingga kekuatan tarik komposit lebih rendah dari serat 2 cm.

Foto permukaan patahan komposit dengan panjang serat 3 cm dan kekuatan tarik 18,91 MPa menunjukkan bahwa ada rongga yang cukup terbuka di sepanjang serat, rongga ini menginformasikan bahwa tidak terjadi ikatan yang sempurna antara matriks dan serat. Sehingga walaupun dari foto terlihat serat putus, namun rongga tersebut tetap mengurangi kekuatan tarik komposit sehingga menjadi yang terendah yaitu sebesar 18,91 MPa.

Keywords


Foto SEM; Permukaan Patahan; Komposit; Kekuatan Tarik

Full Text:

PDF

References


Christoph Unterweger, et al, 2013. Synthtetic Fibers and Thermoplastic Short Fiber Reinforced Polymer : Properties and Chracterization, Polymer Composites, Vol 35, Issue 2, february 2014, pp 227 – 236.

Dr. Sanjay Mazumdar, 2017. Composite Industry Report for 2017

Global Fiber Market, 2016, Internet : global – fiber – market.html

Hartono Yudo, 2010, Analisa Teknis Rekayasa Serat Enceng Gondok Sebagai Bahan Pembuatan Komposit Ditinjau dari kekuatan tarik, Jurnal Ilmiah, 2010.

John A. Schey, 2009. Proses Manufaktur Introduction to manufacturing Processes. ANDI Yogyakarta.

Purboputro P.I, 2006. Pengaruh Panjang Serat Terhadap Kekuatan Impak Komposit Enceng Gondok Dengan Matriks Poliester, Media Mesin, Vol 7 No 2, Juli 2006, 70 – 76


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.