TINJAUAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DENGAN TALKING STICK PADA SISWA SMA

Samio Samio, Isnan Nisa Nasution, Wiwik Lestari

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk meneliti Tinjauan Hasil Belajar atas dua model pembelajaran  TGT (Teams Games Tournament) dengan Talking Stick  pada pelajaran ekonomi SMA. Dikarenakan kondisi yang terjadi saat ini, yaitu adanya Virus Covid-19 maka penelitian ini dilaksanakan di perpustakaan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah sesuai dengan surat edaran Rektor Nomor: 040/BAA-UMNAW/A.16/2020 yaitu melakukan kajian pustaka. Serta mengikuti peraturan yang dibuat didalam perpustakaan UMN Al-Washliyah. Penelitian ini hanya mengambil data yang sama dengan judul dari skripsi ini data yang sudah didapat dalam perpustakaan ataupun jurnal dengan sejumlah keseluruhan 190 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis data hasil uji rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament) lebih tinggi yaitu 79,25 dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick  lebih rendah yaitu 70,75. Dengan demikian bahwa Tinjauan Hasil Belajar model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament) dengan model Talking Stick  diperoleh nilai 1,12. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament) lebih tinggi dari pada  model Talking Stick, sehingga model pembelajaran (Teams Games Tournament) lebih maksimal digunakan pada proses pembelajaran.


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Teams Games Tournament; Model Pembelajaran Talking Stick

Full Text:

PDF

References


Ahsan Fauzi, 2018, Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar Siswa Kelas X Akutansi 1 SMA 17 Magelang T. A. 2017/2018, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Aisha Syafitri, Hermansyah Amir, Elvinawati, 2019, Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Dengan Media Ular Tangga dan Media Puzle dikelas XI SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Arikunto Suharsimi, 2011, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Amna Emda, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh, Lantanida Jurnal vol.1 no.1, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Anandini Anandianti Sembiring, 2017, “peningkatan hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran teams games tournament pada pokok bahasan permintaan dan penawaran uang siswa kelas x SMAS Y.P DELITUA” Fakultas pendidikan ekonomi, jurusan PIPS, Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah, Medan.

Dewi Qurota Ayuningsih, I Nyoman Suardana, I Made Suwenten, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia vol. 1 no. 2, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

Dian Riski Nugroho, 2013, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli dikelas X SMA 1 Panggul Kabupaten Trenggalek, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan vol. 01 no. 01, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Dita Suci, 2019, “pengaruh model pembelajaran pola teams games tournament terhadap hasil belajar ekonomi bisnis siswa kelas x sma bm dharma karya beringin” Fakultas pendidikan ekonomi, jurusan PIPS, Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah,Medan.

Elseria br Siregar, 2015, “pengaruh model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas x sma negeri bangun purbba” Fakultas pendidikan ekonomi, jurusan PIPS, Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah, Medan.

Fatimah, 2016, “pengaruh model pembelajarantalking stick terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas x sma pab patumbak” Fakultas pendidikan ekonomi, jurusan PIPS, Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah,Medan.

Istarani, 2016, Ensiklopedia Pendidikan, Larispa, Medan.

Kinanti Geminastiti, Nella Nurlita, 2014, Ekonomi Untuk SMA 1 MA Kelas X, Yrama Widia, Bandung.

Kori Sundari, 2016, Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Metode Role Playing, Jurnal Pedagogik vol.IV no. 1, Universitas Islam, Bekasi.

M. Andi Setiawan, 2017, Belajar dan Pembelajaran, Uwais Inspirasi Indonesia, Sidoarjo

Maulana Ibnu Soleh, Dadang Kurnia, Dede Tatang Sunarya, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Model Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran PIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi, Jurnal Pena Ilmiah vol. 2 no. 1, UDI Kampus Sumedang, Jawa Barat.

Miftahul Huda, 2014, Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Masrida anggreini, 2019, “pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar akutansi siswa kelas x N 10 medan” Fakultas pendidikan ekonomi, jurusan PIPS, Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah,Medan.

Nani Fajar Wati, 2010, Penerapan Model Pembelajaran Pemaduan Cooperatif Learning Tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI AK 2 di SMA N 1Surakarta, Journal, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Nasional, D.P., 2003, Undang-Undang no. 2 Tahun 2003 Tentang Sitem Pendidikan, Depdiknas, Jakarta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Siti Ratna Dewi, Arifin, Herriyani Ramli Fua, 2016, Perbandingan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Tipe Jigsaw Pada Siswa di SMAN 2 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna, Jurnal Al-Ta’dib vol. 9 no. 2, IAIN Kendari, Kendari.

Subhan Hayun, Nobertina Ataphari, 2019, Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn, Jurnal Mitra Pendidikan Online vol. 3 no. 7, Universitas Pasifik Morotai.

Solehatunnisa , 2016, “Penerapan model pembelajaran talking stick terhadap hasilbelajar siswa kelas x jaya krama beringin, jurusan PIPS, Universitas Muslim Nusantara Al- Washliyah,Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.