ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGGILINGAN PADI KELILING DI KECAMATAN PANTAI LABU, KABUPATEN DELI SERDANG

Dedi Kusbiantoro

Abstract


 

Kegiatan usaha penggilingan padi di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang umumnya setiap hari dimulai dari menuju ke lokasi bahan baku gabah seringkali pemilik usaha penggilingan akan mempriotitaskan pelanggan tetap mereka yang telah menghubungi lebih awal menggunakan sambungan komunikasi, kemudian setelah sampai pada lokasi pelanggan maka bahan baku gabah akan diproses menjadi beras siap kemas. Selanjutnya pada aktivitas penjualan hasil produksi berupa beras dan produk sampingan lainnya sampai ke konsumen biasanya untuk konsumen pedagang pengecer akan membeli beras sekali dalam satu minggu namun untuk masyarakat sekitar lokasi pemilik usaha dapat setiap hari membeli beras untuk konsumsi sehari-hari .

Dari hasil perhitungan diatas didapat nilai B/C sebesar 1,43 artinya jika setiap biaya yang di korbankan oleh pengusaha sebesar Rp 1 maka pengusaha akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp1,43. Karena nilai B/C ratio =1,43>1, maka dapat di simpulkan usaha penggilingan padi keliling di daerah penelitian jika di tinjau dari analisis B/C ratio layak untuk di jadikan usaha. Artinya usaha penggilingan padi keliling di Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang layak untuk di kembangakan secara ekonomi.


Keywords


Penggilingan Padi; Biaya; Analisis Kelayakan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2018. Sensus Pertanian. Diakses melalui (serial online) http://st2013.bps.go.id/dev2/index.php/site/topik?kid=3&kategori=Dinas-Pertanian-Kabupaten-Deli-Serdang. Diakses pada pukul 23.00 tanggal 24 Maret 2020. Medan.

Dinata, AR. 2017. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Penggilingan Padi. (Studi Kasus: Kecamatan Ambrawa, kabupaten Pringsewu). Skripsi. Departemen Ilmu- Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Lampung.

Hasibuan, RM. 2010. Studi Kelayakan Pengembangan Usaha Penggilingan Padi UD Kilang Padi Bersama. (Studi Kasus: di Kabupaten Padang Lawas Utara). Skripsi. Dapartemen Teknik Indutri Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.

Indriani, 2013. Analisis Kelayakan Usaha Penggilingan Padi Mobile Di Kecamatan Pantai Labu Dan Kecamatan Pantai Cermin. [skripsi].Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara

Kadariah. 2001. Evaluasi Proyek: Analisa Ekonomi. Edisi ke-2. Lembaga Penerbit FE-UI.Jakarta.

Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Kencana. Jakarta

Patiwiri AW. 2006. Teknologi Penggilingan Padi. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. 240 hal.

Prasetya, AS. 2018. Studi Kinerja Mesin Penggilingan Padi Berjalan di Kabupaten Lampung Timur. [skipsi] Program Studi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung.

Sabir. N, 2018. Analisis Kelayakan Usaha Penggilingan Padi Keliling Di Studi Kasus Usaha Penggilingan Padi Keliling Di Desa Tumale Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. [skripsi] Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Hasanudin.

Soemartono., B. Samad., R. Hardjono, dan I. Somadiredja. 1992. Bercocok Tanam Padi. CV.Yasaguna. Jakarta.

Suprayono dan A. Setyono. 1997. Budi Daya Padi. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sutojo, S.2006. Project Feasibility Study (Studi Kelayakan Proyek: Konsep, Teknik dan Kasus). Damar Mulia Pustaka. Jakarta.

Tharir, 2010. Revitalisasi Penggilingan Padi Melalui Inovasi Pengosohan Mendukung Swasembada Beras dan Persaingan Global. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen pertanian .Bogor.

Ulfa, NA. 2018. Kelayakan Usaha Penggilingan Padi Menetap Dan Usaha Penggilingan Padi Kelilingan di Kabupaten Sragen. E-jurnal Agribisnis.

Warisno, W.2014. Analisis Mutu Beras Pada Mesin Penggilingan Padi Berjalan di Kabupaten Pringsewu. [Skripsi]. Universitas Lampung. Bndar Lampung.

Widayana, E. 2015. Kelayakan Finansial Usaha Penggilingan Padi DiKecamatan Tanjung Lago Banyuasin Sumatera Selatan. Vol. 26 No. 2: 130-135

Zurkanaini. Dan Andriyani, 2018. Pengaruh Keberadaan Kilang Padi Keliling Terhadap Pendapatan Kilang Padi Menetap di Kabupaten Aceh Utara. E-Jurnal Ekonomi Regional Unimal.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.