ANALISIS PEMASARAN KELAPA SAWIT DI DESA SAMPEAN KECAMATAN SUNGAI KANAN KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN PROVINSI SUMATERA UTARA

Khairunnisyah Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui saluran pemasaran Kelapa Sawit yang terjadi di Desa Sampean. 2) Untuk mengetahui margin pemasaran farmer share dan efisiensi pemasaran di Desa Sampean. Jumlah sampel sebanyak 58 responden. Metode Simple Random Sampling untuk petani dan untuk Pedagang pengumpul dan Pedagang besar menggunakan metode sampling jenuh (sensus)dan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan variabel Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer Share dan Efisiensi Pemasaran. Dari hasil analisis deskriptif kuantitatif dengan variabel Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer Share dan Efisiensi Pemasaran ini adalah 1) Saluran pemasaran tandan buah segar kelapa sawit rakyat di Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan dari petani sampai ke PKS (Pabrik Kelapa Sawit) memiliki dua pola saluran pemasaran yaitu : Saluran Pemasaran I : Petani - Pedagang Pengumpul - Pedagang Besar – Pabrik Kelapa Sawit, Saluran Pemasaran II : Petani – Pedagang Besar – Pabrik Kelapa Sawit. Pada saluran pemasaran I total biaya pemasaran Rp 130/kg, total keuntunganpemasaran untuk pedagang pengumpul Rp140/kg, total keuntungan pemasaran untuk Pedagang besar Rp 130/kg dan margin pemasaran Rp 200/kg untuk pedagang pengumpul sedangkan margin pemasaran pedagang besar adalah Rp 200/kg. Untuk saluran pemasaran II total biaya pemasaran Rp 70/kg, total keuntungan pemasaran Rp 130/kg dan margin pemasaran Rp 200/ kg. Efisiensi setiap saluran pemasaran termasuk dalam kategori efisien. Namun dalam penelitian ini saluran pemasaran kedua dianggap lebih efisien dibanding saluran pemasaran yang pertama.


Keywords


Saluran Pemasaran; Margin Pemasaran; Share Margin, Efisiensi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Abidin. Z., dkk, 2017. Analisis Pemasaran Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Di Kabupaten Kutai. Universitas Kutai Kartanegara. Kutai.

Asmarantaka, 2004. Teknik Budi Daya dan Pengolahan Kelapa Sawit. Kanisius. Yogyakarta.

Baladina, 2015. Pengantar Ekonomi Pertanian: Sistem Pemasaran Hasil Pertanian. http//rosihan.lecture.ub.ac.id. Diakses pada tanggal 24 Desember 2015.

BUMN. 2016. Pertumbuhan Perkebunan. Diakses pada tanggal 20 November 2016.

Daniel. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.Direktorat Jendral Perkebunan. 2016. Pertumbuhan Areal Kelapa Sawit. www.ditjenbun .pertanian.go.id.

Ditjen Perkebunan. 2016. Pertumbuhan Komoditas unggulan Indonesia. Diakses pada tanggal 22 Oktober 2016.

Istiyanti, 2010. Pemasaran dasar. Salemba empat , Jakarta.

Kotler, P. 2002.Manajemen pemasaran, Analisis Pemasaran kontrol.Jilid 1. Penerbit PT.Prenhallindo, Jakarta.

Kohls & Uhl, 2002. Analisis Saluran Pemasaran Dan Transmisi Harga Tandan Buah Segar (Tbs) Kelapa Sawit Pada Petani Swadaya Di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Penelitian Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru.

Limbong, 2008. Diktat Pemasaran Hasil Pertanian, Jurusan sosial Ekonomi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.

Mahmud, 2007. Analisis Kelayakan Finansial Kelapa Sawit Di Desa Kunduran Kecamatan Ulu Musi Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Jurnal Ilmu Pertanian. Bengkulu.

Pearce dan Robinson, 2013. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rahim, .2007. Manajemen Pemasaran. Prehallindo. Jakarta.

Rahmanta, 2014. Ekonomi Pertanian. USU Press. Medan.

Risza. S, 2012. Analisis Saluran Pemasaran Dan Transmisi Harga Tandan Buah Segar (Tbs) Kelapa Sawit Pada Petani Swadaya Di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Jurnal Penelitian Fakultas Pertanian Universitas Riau, Pekanbaru.

Riyadh.M.I.2018. Analisis Saluran Pemasaran Lima Pangan Pokok dan Penting di Lima Kabupaten Sumatra Utara. Jurnal Penelitian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatra Utara.

Saefuddin 2007.. Analisis Saluran dan Marji n Pemasaran . Fakultas Perternakan UGM, Yogyakarta.

Setiyaningrum, A. dkk, 2015. Kelapa Sawit Manajemen Agribisnis Dari Hulu Hingga Hilir. Penebar Swadaya. Jakarta.

Soekartawi, 2002. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Sudiyono, A. 2004. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Sutarno. 2014. “Analisis Margin Pemasaran ”. Jurnal Agrineca, Vol. 14 No. 1 : Universitas Tunas Pembangunan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.