ANALISIS HASIL USAHA PERTANIAN KOPI ARABIKA DI DESA CIMBANG, KECAMATAN PAYUNG, KABUPATEN KARO

M. Syarif Rafinda

Abstract


 Desa Cimbang, Kecamatan Payung, merupakan salah satu desa penghasil  kopi di Kabupaten Karo. Petani mulai bangkit mengembangkannya kembali pasca erupsi Gunung Sinabung. Pertanaman kopi di desanya dimulai sejak tahun 1980-an setelah pertanaman vanili tergilas habis diserang busuk batang. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana tingkat pendapatan Usaha Tani Kopi Arabika dan Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha tani Kopi Arabika di Desa Cimbang, Kecamatan Payung Kabupaten Karo.

Penentuan lokasi penelitian ditetapkan secara  purposive (sengaja). Hal ini dilakukan karena Desa Cimbang merupakan daerah yang mayoritas bertani kopi. Jumlah populasi di Desa Cimbang adalah 94 KK. Penentuan responden dilakukan dengan teknik acak sederhana atau simple rondom sampling. Adapun besar sampel yang diambil adalah sebanyak 45 orang.

Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Metode analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah komperatif, yaitu uji beda rata-rata t-test (paired sample t test) dan menggunakan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Margin error (α) dalam penelitian ini sebesar 5%. Adapun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Usahatani Kopi layak untuk diusahakan dan menguntungkan; 2) ecara parsial pengaruh Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan usaha tani Kopi Arabika di Desa Cimbang, sangat berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan petani kopi.


Keywords


Pendapatan; faktor-faktor pendapatan; kelayakan usahatani

Full Text:

PDF

References


Bilas, Richard. 1989. Teori Mikroekonomi Edisi kedua. Hutauruk G. Penerjemah. Jakarta : Erlangga. Terjemahan dari Microeconomic Theory, 2nd Edition.

Gujarati D. 1997. Ekonometrika Dasar. Zain S. Penerjemah. Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari Basic Econometrics.

Koutsoyiannis A. 1977. Theory of Econometrics. New York: Harper and Row Publishers, INC

Lipsey RG, PN Courant, DD Purvis, dan PO Steiner. 1995. Pengantar Mikroekonomi. Wasana AJ, Kirbrandoko. Penerjemah. Jakarta: Binarupa Aksara. Terjemahan dari Economics 10th Ed.

Nazir M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nicholson W. 2002. Mikroekonomi Intermediet dan Aplikasinya. Mahendra IB dan A Aziz. Penerjemah. Jakarta : Erlangga. Terjemahan dari Intermediate Microeconomics.

Rahardja P dan M Manurung. 2002. Teori Ekonomi Mikro. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI

Santoso, Singgih. 2001. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sarwoko. 2005. Dasar-Dasar Ekonometrika. Yogyakarta : Andi

Sumidiningrat G. 1994. Pengantar Ekonometrika. Yogyakarta: BPFE

Sugiarto,T Herlambang, Brastoro, R Sudjana, dan S Kelana. 2002. Ekonomi Mikro. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Suyanto S. Rachmatun dan A Mujiman. 2005. Budidaya Udang Windu. Jakarta : Penebar Swadaya

Walpole E Ronald. 1992. Pengantar Statistika Edisi ke-3. Sumantri B. Penerjemah. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Terjemahan dari Introduction Statistics 3rd Edition.

Yuwono, Prapto. 2004. Pengantar Ekonometrika. Yogyakarta: Andi Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.