PEMASARAN EMPING MELINJO DIDESA DALU SEPULUH KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG

M. Syarif Rafinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisa saluran pemasaran dan peran lembaga-lembaga pemasaran yang terlibat dalam sistem pemasaran emping melinjo, untuk menganalisis biaya, keuntungan dan marjin pemasaran emping melinjo di daerah penelitian dan untuk mengetahui tingkat efisiensi ekonomis masing-masing saluran pemasaran didaerah penelitian. Penelitian ini dilaksanakan Di Desa Dalu Sepuluh Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Metode sampel dengan cara menelusuri saluran pemasaran mulai dari pangkal rantai pemasaran sampai pada konsumen akhir, dimana terdapat 20 sampel pengolah dan 20 lembaga pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif, Analisis kualitatif ditujukan untuk melihat keadaan lokasi, keadaan petani, menganalisa saluran pemasaran, dan fungsi-fungsi pemasaran,. Sedangkan analisis  kuantitatif  untuk menganalisa marjin  pemasaran,  farmer’s  share  serta rasio keuntungan dan biaya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua pola saluran pemasaran Emping Melinjo di daerah penelitian, yaitu: I. Petani – Pengelola – Pedagang Pengecer – Konsumen, dan II. Petani – Pengelola – Pedagang Pengempul – Pedagang Pengecer – Konsumen. Proses Tataniaga Pemasaran paling mengutungkan terjadi pada Saluran Pemasaran I yaitu,Pedagang pengecer yang langsung mengambil Emping Melinjo dari Pengelola. Dan aluran pemasaran I dan II Kurang Efisien karena memiliki perolehan farmer’s share di bawah 50 % yaitu hanya sebesar (12,30 %).


Full Text:

PDF

References


Afreri. 2011. Analisis emping melinjo di Desa Dalu Sepuluh. Tanjung Morawa: dok analisis deli serdang.

Hanafi dan saefuddin. 1983. Prinsip dasar manajemen pemasaran hasil-hasil pertanian teori dan aplikasinya, Jakarta: raja grafindo persada.

Intan, Said. 2004. Fungsi-fungsi Pemasaran Emping Melinjo.http:// pemasaran.blogspot.com/ 2004/01 fungsi-fungsi-pemasaran-emping-melinjo.html.(20 Januari 2019).

Iryani, ristuti. 2008. Analiais pemasaran emping melinjo dikabupaten sragen. Skripsi. Sragen. Universitas Terbuka.

J. Staton William. 2008. Dalam Swasta.http://Swasta. Blogspot. Com/ 2008/06 Dalam- swasta html. ( 1 mei 2019).

Kotler. 2003. Pemasaran Pertanian. Malang: Universitas Muhammadiah Malang press.

Krisnamurti. 2002. Analisis pemasaran emping melinjo. Bandung: Pustaka Sinar Harapan.

Nurasih, susi. 2006. Analisis pemasaran emping melinjo dipusat koperasi pertanian. Jakarta: pustaka Sinar Harapan.

Rizan, David. 2008. Dalam swasta. http://Swasta.blogspot.com/ 2008/04 Dalam- swasta. Html. (12 agustusus 2019).

Sunanto. 1991.Agribisnis. Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Soekartiwi. 1991. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori Dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudyono. 2002. Emping Melinjo. http://Emping.Melinjo.blogspot.com/ 2002/ 03 Emping-Melinjo. Html (6 Mei 2019).

Stanton. 1993 analisis pemasaran emping melinjo. Bandung : pustaka sinar harapan.

Uhl and kohls. 2008 Dalam swasta. http://Swasta. Blogspot. Com/ 2008/09 Dalam-Swasta. Html. ( 28 0ktober 2019).

Watini, saiz, dkk. 2013. Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian emping melinjo. Ngadirejo: Raja Grapindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.