PENGARUH KLINIK AL QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL QUR’AN DI MTS. MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Hotni Sari Harahap, Nurul Hidayah

Abstract


Klinik Al Qur’an di MTs. Muallimin UNIVA Medan merupakan sarana atau balai pengobatan khusus yang digagas untuk menangani siswa-siswi yang bermasalah dalam membaca Al Qur’an. Klinik Al Qur’an berfungsi untuk mengobati siswa-siswi yang tidak bisa membaca Al Qur’an, siswa-siswi yang belum lancar dan siswa-siswi yang belum mengetahui tanda baca dan tajwid yang ada di dalam Al Qur’an.

Jenis penelitan yang digunakan yaitu jenis penelitian Kuantitatif dengan metode pngumpulan data observasi, angket dan dokimentasi, selanjut analisis data yang digunakan yakni statistik deksripitif.

Berdasarkan hasil penelitian, Melalui uji korelasi yang dilakukan didapat koefisien korelasi 0,686. Bila dikonfirmasikan pada tabel interval koefisien bahwa rxy = 0,686 adalah tergolong dalam tingkat hubungan kuat. Setelah dilakukan uji signifikansi melalui uji t diperoleh thitung = 5,04 sedangkan ttabel = 1,701. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (5,04 ≥ 1,701) maka korelasi signifikan. Artinya bahwasannya Ha diterima dan H0 ditolak. Dan terdapat pengaruh sebesar 47 % klinik Al qur’an terhadap kemampuan siswa membaca Al qur’an. Klinik Al qur’an di MTs. Muallimin UNIVA Medan bukan merupakan satu-satunya penentu tingkat kemampuan siswa membaca Al qur’an di MTs. Muallimin UNIVA Medan tetapi masih banyak faktor-faktor lain yang mempengaruhinya.


Keywords


Klinik Al Qur’an; Membaca Al Qur’an; Kemampuan Siswa

Full Text:

PDF

References


Al-Hafidz, Ahsin W., Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Ali, H. Annawawi, Pedoman Membaca Al Qur’an, Jakarta: PT.Mutiara Sumber Widhya.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta 1997.

Dradjat, Zakiah, Kesehatan Mental, Jakarta: Hijamas Agung, 1989.

Nadwi, Abdullah Abbas, Belajar Mudah Bahasa Al-Qur'an, Bandung: Mizan, 2000.

Nasution, S., Metode Reserch Penelitian Ilmiah, Jakarta: Pustaka Ilmu, 2004.

Rusyan, A. Thabrani, Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Dasar, Bandung: PT Bina Budhaya, 1993.

Soedarso, Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta: PT. Gramedia 1989.

Sumanto, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset, 1995.

Tampubolon, DP., Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien, Bandung: Angkasa 1986.

Ziani, Syahminan, Kewajiban terhadap Orang yang beriman, Surabaya: PT. Al Ikhlas, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.