PENERAPAN DESAIN MODEL COLABORATIF INFORMAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI KONSEP DASAR IPS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SD UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA (UMN) ALWASHLIYAH MEDAN

Samio Samio, Dalmi Iskandar Sultoni

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu 1 Untuk meningkatkan keterampilan proses belajar konsep dasar IPS mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar. 2.  meningkatkan kemampuan dosen menggunakan model pembelajaran colaboratif informal yang kreatif, aktif dan efiesien. Subyek penelitian ini mahasiswa semester 1 kelas  I-B Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muslim Nusantara (UMN) Alwashliyah Medan Tahun Akademik 2021/2022.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan : Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Metode pengumpulan data : (1) Observasi untuk mengetahui keterampilan proses pembelajaran konsep Dasar IPS mahasiswa. (2) Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur pemahaman  mahasiswa pada materi konsep dasar IPS (3) Angket mahasiswa untuk mengetahui minat mahasiswa terhadap pembelajaran menggunakan Model Colaboratif Informal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilakukan dosen dari siklus 1 dan 2 keterampilan proses pembelajaran konsep dasar IPS dengan model colaboratif informal meningkat dari kategori sedang (60,42%) menjadi kategori tinggi (88,88%), dari hasil belajar mahasiswa pada siklus 1 nilai rata-rata 56,49. Pada siklus 2 nilai rata-rata 81,23. Respon mahasiswa terhadap penggunaan model pembelajaran ini sangat setuju sebesar 42,76% dan yang menyatakan setuju sebesar 50,66%.

Demikian juga aktivitas dosen juga semakin meningkat dari jumlah mutu 31 menjadi 61 dan semua mahasiswa juga semakin aktif dalam pembelajaran. Upaya meningkatkan keterampilan proses konsep dasar IPS dengan menggunakan model pembelajaran colaboratif informal dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan keterampilan proses belajar mahasiswa dan meningkatkan hasil belajar.


Keywords


Keterampilan Belajar Model Colaboratif Informal

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. (2000). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anderson, M. (1999). The Development Of Inteligence. UK: Psychological Press.

Arikunto. S, Suhardjo dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

________. (2000), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

________. (2000), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta Bumi Aksara

Direktorat Pendidikan Menengah Umum. 1999. Penelitian Tindakan, Jakarta:

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimyati dan Mujiono. 1994, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, A.W. (2003). Genius Learning Strategy. Jakarta; Gramedia Pustaka Utama.

___________. (2004) Born To Be a Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gulo, W. 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Grasindo.

Hamid. K.A. (2007). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan : Pasca Sarjana UNIMED.

Harsanto, R. (2005). Melatih untuk Berpikir Analitis,Kritis dan Kreatifr. Jakarta: Grasindo Gramedia.

Irianto, A, (2004). Statistik, Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media.

Ibrahim, M, (1998). Strategi Pembelajaran Inquiry, http://kpicenter.org/index.php?option=com content. Diakses 10-02-2011

Pendley. Dkk. (1994) Masalah Pengajaran Kimia http//www,depdiknas.go.id/Jurnal/42/rusmansah.htm/ . Diakses 10-02- 2011

Mahmuddin, 2010. Pembelajaran Keterampilan proses, inquiry dan Discovery

http//www,depdiknas.go.id./artikel/17/mukminan/. Diakses 14-02- 2011

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Standar Kompetensi Guru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudjana, 1990. Metode Statistika, Bandung : Tarsito.

Suryabrata, Sumadi. 1993, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Raja wali pers.

Usman. M.U, 1995. Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosda Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.