APLIKASI SISTEM LAYANAN JASA TOUR GUIDE DAN TRANSLATOR BERBASIS ANDROID

Nurjamiyah Nurjamiyah, Hasdiana Hasdiana

Abstract


Tourguide juga sering disebut untuk membantu parawisatawan agar lebih mudah untuk menemukan beberapa lokasi wisata, jarak kelokasi wisata dan rute kelokasi wisata dari lokasi pengguna dan juga galeri foto tempat wisata beserta sedikit gambaran informasi obyek wisata.

Tujuannya untuk memudahkan mengetahui suatu daerah yang ingin di tuju. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi khususnya tempat wisata dan kuliner. Dengan mengembangkan sistem informasi tourguide kemudian menggunakan model perancangan UML, bahasa pemrograman Java, PHP dan database MySQL. Implementasi sistem menggunakan pengujian mobile aplikasi dan web aplikasi. Dengan menampilkan hasil tampilan program dari aplikasi android,sedangkan admin lokasi merupakan pengujian  dengan menampilkan web administrasor aplikasi mobile.

 


Keywords


Sistem Informasi; Tourguide; Maps; GPS; Google Maps; Android

Full Text:

PDF

References


D.Buhalis and S.H. Jun, 2011. ETourism, Contemp. Tour. Rev., pp. 1-38

Liandana Made, Made Bagus. 2017. Analis Usabilitas Pada Aplikasi Mobile Trip Planner E – Tourism Pariwisata Di Bali. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Vol 6(3), 243-255.

A.A Niknafs, Mohammad Ebrahim Shiri, Mohammad Masoud Javidi, 2003. Case-Based Riasoning Approach In E-Tourism : Tour Itinerary Planning, pp.1-5.

Firstyani Imannisa Rahma, 2018. Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Paket Wisata di Wisata Tirta Wolulas di Dusun Ponggalan, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika Fakultas Tekhnik Universita Negri Yogyakarta.

I Nyoman Piarsa, Made Santika Putra, Ni Kadek Dwi Rusjayanthi, 2018. Rancang Bangun Sistem Informasi Web-Based Travel Assistant untuk Membantu Perjalanan Wisatawan. Jurnal Merpati. Vol.6(3), 214 -224


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.