PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI DENGAN MODEL STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA PELAJARAN KORESPONDENSI SISWA

Nurjannah Dalimunthe, Disna Anum Siregar, M. Khalid

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui hasil belajar menggunakan model pembelajaran Demontrasi dengan Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata menggunakan model Demonstrasi lebih tinggi daripada Student Facilitator and Explaining. Nilai rata-rata variabel X1 yaitu model Demonstrasi sebesar 76,64 dan variabel X2 model Student Facilitator and Explaining sebesar 70,32. Dengan perbandingan sebesar 1,08. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Demonstrasi lebih tinggi daripada model Student Facilitator and Explaining.


Keywords


Hasil belajar; Model Demonstrasi; Student Facilitator and Explaining

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi Cetakan 14. Jakarta: Rineka Cipt

Aqib, Zainal & Murtadlo, Ali. 2018. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Cetakan Pertama. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Gurning, Busmin & Aswita, Effi. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Pertama. Yogyakarta: K-Media

Husamah, etal. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kedua. Malang: UMM Press

Hidayat, Isnu. 2019. 50 Strategi Pembelajaran Populer.Cetakan Pertama. Yogyakarta: DIVA Press

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Cetakan Pertama. Medan: Media Persada

Istarani & Intan Pulungan. 2018. Ensiklopedia Pendidikan. Edisi Kedua. Medan: Media Persada

Karwono & Mularsih Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Cetakan Pertama. Depok: PT. RajaGrafindo Persada

Mandangi, Mieke & Degeng Nyoman. 2019. Model dan Rancangan Pembelajaran. Edisi Pertama. Jawa Timur: CV. Seribu Bintang

Ngalimun, Fauzani & Salabi Akhmad. 2018. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Purwanto. 2018. Evaluasi Hasil Belajar. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana. 2016. Metoda Statistika. Cetakan Pertama. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Triyatna, Slameto. 2014. Korespondensi Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Mediater


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.