KOMPETENSI KEPRIBADIAN PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TAFSIR SURAH AL BAQARAH AYAT 153 DAN SURAH AR RAHMAN AYAT 1-4)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian pendidik dalam Surah al-Baqarah ayat 153 dan surah ar-Rahman ayat 1-4. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan penelitian kepustakaan (Library research), yaitu mengambil dan mengumpulkan data berbagai pendapat dan pandagan para ahli yang telah terkuatkan ke dalam berbagai buku-buku tafsir Alquran dan buku-buku pendidikan Islam. Analisis yang dugunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis metode tafsir tahlili, yaitu metode penafsiran ayat-ayat Alquran yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan uraian-uraian makna yang terkandung dalam Alquran dan proses pengkajian ayat Alqur’an melalui penguraian kosa kata (mufrodat) termasuk I’rab dan balaghah, munasabat ayat dan penjelasan makna serta kandungan ayat terkait sedikit banyak melakukan anlisis di dalamnya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kompetensi kepribadian dalam Alqur’an surah Al-Baqarah ayat 153 dan surah Ar-Rahman ayat 1-4 di antaranya sifat sabar, optimis/berharap kepada Allah SWT dan kasih sayang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad. Ihya’ ‘Ulum al-Din. Kairo: Darut Taqwa. 1421.
ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. Tafsir Ath-Thabari Juz II, Terj. dari Jami’ Al-Bayan an Ta’wil Ayi Al-Qur’an oleh Ahlan Askan, Jakarta: Pustaka Azzam. 2007.
Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Tafsir Hadis. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Cet. Ke-I. 2008
PP No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1994
UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.