PENGARUH PEMBATASAN WAKTU BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Di MTs NURUL AMAL SUKATANI

Alfian Tanjung, Fenny Mustika Piliang

Abstract


Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembatasan Waktu Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas VIII MTs Nurul Amal Sukatani Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Dalam proses belajar  siswa di masa pandemi Covid-19 memiliki masalah belajar penggunaan waktu untuk belajar dalam pendidikan maupun pengajaran bagi siswa yang perlu direncanakan, khususnya untuk siswa yang tingkat kecerdasannya rendah diperlukan waktu belajar banyak. Guru memiliki peran penting bagaimana agar anak mencapai hasil belajar yang baik dengan waktu pembelajaran yang sangat terbatas. Terlebih lagi tingkat kecerdasan dan pemahaman siswa berbeda-beda.

Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, yakni penelitian dengan pendekatan statistik. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VIII MTs Nurul Amal Sukatani Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat sebanyak 130 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini mengambil dari tabel Isaac dan Michael untuk tingkat kesalahan 5%, maka sampelnya menjadi 95 siswa yang diambil melalui kehadiran siswa. Variabel dari penelitian ini terdiri dari Pembatasan Waktu Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 sebagai variabel (X) dan Hasil Belajar Siswa  (Y). Instrumen penelitian ini berupa dokumen, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Selanjutnya data yang terkumpul diolah kemudian di analisis serta di deskripsikan sesuai masalah dan tujuan penelitian.

Hasil menunjukkan Pembatasan Waktu Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 dalam kriteria baik dengan skor sebesar 7336 berdasarkan presentase diperoleh P = 0,77%, dan Hasil Belajar Siswa  termasuk kriteria kurang baik dengan total skor 596, berdasarkan presentase diperoleh P = 0,31%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai =0,317, dengan korelasi yang 31%. Untuk menunjukan hasil nya menguji dengan perbandingan nilai  dengan . Maka hasil pembatasan waktu belajar dimasa pandemi covid-19 signifikan dalam mempengaruhi hasil belajar siswa  kelas VIII MTs Nurul Amal Sukatani Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat karena perbandingan nilai  lebih besar dari nilai  yaitu 3,223 > 1,661, maka Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


Pembatasan Waktu; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afifa, Aisya Nur, 2021. Pengaruh Penggunaan Teknologi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di MAN 2 Jember. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 2, (No. 1)

Ahmadi, Abu , 1993. Cara Belajar yang Mandiri dan Sukses. Solo: CV Aneka.

Ali, Atabik, Muhdlor, Ahmad Zuhdi, 1996. Kamus Kontemporer Arab-Indonesia, Yogyakarta: Ali Maksum

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Agama RI, 2004. Al-Quran dan Terjemahan, Bandung: CV Penerbit J-Art.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono, 2003. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

Frimayanti, Ade Imelda, 2017 .“Implementasi Pendiikan Nilai Dalam Pendidikan Islam” (Ad Tadzkiyah : Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 Edisi II.

Hadjar, Ibnu, 2005. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hakim, Thursan., 2008. Belajar Secara Efektif, Jakarta: Pusaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Hasan, M. Ali dan Ali, Mukti, 2003. Rapita Selekta Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Hasana, Desmi Wirdatul. 2017. "Pemanfaatan Waktu Belajar diluar Jam Belajar Sekolah Pada Siswa SMA Negeri 1 Bangkinang." JOM FISIP. 4 (2) 1-12.

Haynes, Marion E, Time Management, Jakarta, PT. Indeks, 2010, (diterjemahkan oleh Febrianti Ika Dewi, S.S.)

https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public diakses pada 27 Juni 2021

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Nomor Olikbi 2020 Nomor 516 Tahun 2020 Nomor Hk.03.0 1 /Menkes / 363 /2020 Nomor 440-882 tentang panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/202l Dan Tahun Akademik 2020/202l Di Masa Pandemi Corona virus disease 2019 (Covid-19).

Mansyur, Abd. Rahim. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal. Vol. 1, (No.2)

Mulyani, Anni. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

N, Mona. 2020. Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Terbuka Indonesia, 2 (2).

Pratami, Fuji, 2020. “Optimasi Peran Guru PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Masa Pandemi Covid-19”, Edu Grobal : Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1,( No.1)

Purwanto, 2014. Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Ngalim, 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Putri, Nurhuda Maya Yulia Eka, 2017. Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar, Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. (Vol. 5 No. I).

Rofiq, Ahmad, 2010. Hukum-hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Raja Garfindo Persada.

Sanusi, Ahmad, 2017. Ushul Fiqh, Jakarta: PT Grafindo Persada,

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, Nana , 2013. Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Sugiono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Thabroni, Muhammad & Mustofa, Arif. 2013. Belajar dan Pembelajaran; Mengembangkan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pengembangan Nasional, Yogyakarta: Ar-Razz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.