MANAJEMEN MUTU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs ALWASHLIYAH TANJUNG MORAWA

Hotni Sari Harahap, Nurul Hidayah

Abstract


Mutu pendidikan berorientasi kepada kepuasan dari konsumen pada lembaga pendidikan yang mencakup input, proses dan output pendidikan. Peningkatan mutu hendaknya dilakukan secara berkesinambungan dengan memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh komponen manajemen pendidikan. Upaya peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari performance guru sebagai agent of cange dalam pembelajaran, profesionalisme guru berdampak signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru dalam proses pendidikan memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan dalam organisasi pendidikan tenaga pendidik dan kependidikan ini merupakan sumber daya manusia yang potensial yang turut berperan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Hasil penelitian ini menunjukkan Manajemen mutu dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Alwashliyah Tanjung Morawa sebagai berikut : a); perencanaan, b); Pengembangan kompetensi guru, c); Keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan, d); Pembinaan Kompetensi Guru, e) ; Suasana Iklim Kerja yang solidaritas.

 


Keywords


Manajemen Mutu; Profesionalisme Guru

Full Text:

PDF

References


Asrorun Ni.am Sholeh, Membangun Profesionalitas Guru, (Jakarta: Elsas, 2006).Hal.9

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Kontemporer (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000), h. 178.

H. Zainuddin Hamidy dkk, Terjemah Hadis Shahih Buchari, (Jakarta: Widjaya, 1961), Hal. 45

Ibrahim Bafadal, Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003), h.4

Imam Wahyudi, Mengejar Profesionalisme Guru (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012), h. 56.

Lexy J.Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996). h. 4

Mulyasa, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011), h.157

Sudarwan Danim, Pengembangan Profesi Guru dari Pra-Jabatan Induksi ke Profesional Madani (Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2011), h. 88

Suharsimi Arikunto,Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta : Rineka Cipta, 2006) h. 245


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.