MENTALITAS PEMBANGUNAN PETUGAS KEBERSIHAN TERHADAP SAMPAH DI BANTARAN PARIT (JALAN KELURAHAN SEI KERA HULU KOTA MEDAN)

Hanipa Yansari, Hidayat Amsani, Aditya Darma, Surya Aymanda Nababan, Benny Junior Kaban

Abstract


Penelitian ini: (1) Bertujuan untuk mengetahui pembangunan lingkungan didaerah kota yang dilihat dari kebersihan di area bantaran parit jalan mabar kecamatan sei kera Hulu Kecamatan Medan Perjuangan Kota Medan (2) dan mengetahui aktivitas dan peran petugas kebersihan serta masyarakat sekitar dalam pembangunan lingkungan di daerah bantaran parit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Observasi dilakukan dimana penulis melakukan pengamatan langsung ke lapangan mengenai pembangunan lingkungan yang berkaitan dengan mentalitas kebudayaan petugas kebersihan dan warga dalam menghadapi sampah di bantaran parit Mabar Kelurahan Sei Kera Hulu. Penelitian ini berfokus pada subyek (emik) juga diimbangi dengan interpretasi penulis (etik). Dalam hal ini peneliti  memperoleh hasil penelitian sebagai berikut (1). Kurangnya kesadaran mentalitas masyarakat dalam pentingnya menjaga dan meningkatkan pembangunan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan peduli terhadap lingkungan. (2). Petugas kebersihan tidak bekerja atas dasar  kebencian terhadap pencemaran lingkungan, hanya sebatas pendapatan ekonmi sehingga perilaku dari petugas kebersihan terdapat kekeliruan dari tugasnya seperti membuang sampah ke parit ketika tidak diketahui oleh orang lain atau atasan mereka. Maka hal ini yang menyebabkan pembangunan terhadap lingkungan dengan mengelola sampah yang baik sehingga tidak terjadi pencemaran terhadap lingkungan terkhusus bantaran parit dan arus air pembuangan limbah sisa sampah rumah tangga.


Keywords


Mentalitas; Pembangunan; Kebersihan; Sampah

Full Text:

PDF

References


Arya, Wisnu. 2009. Dampak Pencemaran Lingkungan. Jakarta : Andi Publisher.

Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD). 2001. Penanggulangan Pencemaran Air. Bandung: Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Damanik, Erond L. 2015. Karya Tulis Ilmiah (Petunjuk Dan Tehnik Penulisan Pada Ilmu Sosial). Medan: Simetri Publisher.

Koentjaraningrat. 2004. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy, J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Notoatmodjo. Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

PPLH UNUD. 2007. Kajian Sosial Kemasyarakatan Model Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Pemukiman Perkotaan Di Provinsi Bali. Laporan Penelitian Kerjasama PPLH UNUD dengan PUSREG Bali-Nusra. Denpasar.

Prawirohartono, Slamet. 2000. Biologi-1b Untuk SMU Kelas 1 Tengah Tahun Kedua. Bandung: Bumi Aksara.

Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemarwoto, Otto. 2004. Ekologi, Lingkungan Hidup dan Pembangunan. Jakarta: Djambatan.

Undang-Undang No. 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Yulida, Novriza, dkk. 2016. Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah di Aliran Sungai Batang Bakarek-Karek Kota Padang Panjang Sumatera Barat. Vol. 32. No.10. Hal. 373-378.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.