PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA KELAS VII DI MTS AL FAJAR DISKI

Alfian Tanjung, Fenny Mustika Piliang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  Untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran mind mapping di MTs Al Fajar dan  Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan berfikir kreatif siswa di MTs Al Fajar. Pada penelitian ini jumlah populasi adalah 130 dan sampelnya adalah 95 siswa di kelas VII Mts Al Fajar Diski.

Pada penelitian ini diharapkan model mind mapping dapat membantu para siswa untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatifnya menuju pendidikan nasional yang berkualitas. Adapun pengujian normalitasnya adalah 0,2 sedangkan pengujian linearitasnya 0,846, serta uji product moment nya 0,417 dan uji t 3,223, dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh   langsung antara pembelajaran mind mapping dengan keterampilan berfikir kreatif siswa di Mts Al Fajar Diski.


Keywords


Mind Mapping; Berfikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad, dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Semarang: UNISSULA PRESS.

Afianingsih, Afida. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Model Mind Mapping dengan Kemampuan Menyimpulkan Materi Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA YP UNILA Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi S1 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Ambarini, Ninik, dkk. 2013. Penerapan Pembelajaran Aktif Card Sort Disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas VII-E SMP Negeri 5 Surakarta. Jurnal BIO-PEDAGOGI. Vo. 2, No. 1, hal . 78

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 2003.

Haudi, Strategi Pembelajaran, Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri, 2021.

Hidayat, Ujang S., Model-Model Pembelajaran Efektif, Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi, 2016.

Karim, Nurlena Basier, Richard Sinaga, Kamus Pelajar, Jakarta: Dian Utama, 1991.

Langgulung, Hasan, Azas-AzasPendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1998.

Natta, Abuddin, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Gramedia 2009.

Nikmah, Isna Khoirun, Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Tulungagung : IAIN, Skripsi Tidak diterbitkan, 2020.

Rachmawati, Yeni, dan Euis Kurniati, Stategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Jakarta: Kencana, 2011.

Rahmat, Pupu Saeful, Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta. 2016.

________, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta. 2017.

Suharyadi, Purwanto S, Statiska untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Jakarta: Selemba Empat, 2009.

Sudarman Momon. 2013. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Swadarma, Doni, Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran, Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2013.

TLI, Herdin, 7 Rahasia Mind Map Membuat Anak Genius, Jakarta: Gramedia, 2017.

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU 2003 No 20 Sistem Pendidikan Nasional.pdf)

Widyawati, Diah, 2015. Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di SMA Kelas XI, Vol. 2 No.4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.