PENGARUH NEGATIF SISTEM PEMBELAJARAN DARING SETELAH MASA COVID-19 DALAM MENERIMA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MTSS AL-MAHRUS MABAR HILIR

Muhammad Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh negatif dari pembelajaran dengan sistem daring setelah  masa covid-19 bagi siswa kelas VIII A dalam menerima pelajaran bahasa Arab. Dari hasil penelitian ini ternyata ditemukan dampak negatif dari sistem pembelajaran daring badi siswa kelas VIII A dalam menerima pelajaran bahasa Arab setelah masa pandemik covid-19. Penelitian ini dilakukan di MTsS Al-Mahrus Mabar Hilir terkhusus bagi siswa/i kelas VIII A. Dalam memperoleh data-data terkait penelitian ini, peneliti menggunakan metode riset lapangan yaitu pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis. Penelitian ini juga mengunakan metode kuantitatif yaitu berupa penelitian dengan angka-angka yang dibuat dalam bentuk tabulasi, untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh tersebut maka digunakan rumus Korelasi Product Moment sebagai penentu hasil.

Hasil penelitian ini diperoleh melalui 36 sample siswa yang diambil dari 186 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan antara dampak negatif sistem pembelajaran daring setelah covid-19 bagi siswa kelas VIII A dalam menerima pelajaran bahasa Arab, sesuai hasil dari nilai = 0,96 yang berarti terdapat korelasi yang sangat tinggi antara variabel X dan variabel Y. kemudian dibuktikan juga menggunakan rumus thitung dengan nilai 19,991. Sehingga, diperoleh hasil thitung  > ttabel, yaitu 19,991 > 1.69, hal ini membuktikan instrumen dianggap valid atau hipotesis awal diterima.

 


Keywords


Sistem Pembelajaran Metode Daring; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Azra Azyumardi. (1999). Esai-Esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam Yogyakarta: Logos.

Bilfaqih, Y., & Qamarudin, M. N. (2005). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta : Deepublish.

E.Mulyasa. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi :Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ekosusilo Madyo dan R.B Kasihadi. (1990). Dasar-dasar pendidikan. Semarang: Effhar Publishing.

Faozan Nurlaili dalam artikel Bantuan Dana Pendidikan: KIP / KJP/ Bidikmisi / LPDP, pada tanggal 27 MEI 2020, https://komunitas.sikatabis.com/bantuan-dana-pendidikan-kip-kjp-bidikmisi-lpdp/.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hardini, I dan D, Puspitasari, (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia.

Idris Zahara, Dasar-dasar Kependidikan. (1997). Bandung: Angkasa.

Imam Sutari Bernadib, Pengantar Ilmu Pendidikan (1999). Yogyakarta : Yayasan Penerbit FIP IKIP.

Majid,A. (2014). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung : PT. Rosda Karya.

Muhammad. (2008) Metodologi Penelitian Ekonomi Islam : Pendekatan Kuantitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Neliwati, Motivasi Orang tua Memasukkan Anaknya ke SMA Non Islam Di kota Medan (Studi pada Persepsi Orang tua tentang Fasilitas Sekolah dan Kurikulum Sekolah terhadap Motivasi Orang tua Memasukkan Anaknya di SMA Non Islam di kota Medan. (2011), Medan : UIN SU.

Oemar, H. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudjono, Anas, (2003). Pengantar Statistik Pendidikan : Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kualitatif, Kuatitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Suharyadi dan S.K, Purwanto. (2013). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Sumitro. (1998). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:IKIP Yogyakarta.

Suryabrata, S. (2001). Psikologi Kepribadian. Cetakan ke 4. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Suyadi M.P. Drs., (1984-1985). Materi Pokok Ilmu Budaya Dasar. Depdikbud U.T.

Thobron, M dan A. Musthofa. (2011). Belajar dan Pembelajara Pengembangan Wacana dan Praktek Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional, Yogyakarta: Ar Ruz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.