KETERAMPILAN KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Lily Lily

Abstract


Pandemi covid19 yang melanda dunia di akhir tahun 2019 dan di awal maret 2020 di Indonesia telah membawa dampak yang begitu besar dalam kehidupan manusia. Berbagai bidang kehidupan mengalami banyak perubahan dan penyesuaian baik secara langsung atupun tidak termasuk dalam bidang pendidikan. Pola belajar yang dulu dengan tatap muka maka berubah menjadi belajar secara on line (dalam jaringan). Bila dahulu teknologi merupakan kebiasaan bagi sebagian kecil manusia, namum saat ini teknologi telah menjadi kehidupan sehari-hari orang-orang tua, muda, pelajar, pekerja bahkan ibu rumah tangga sekalipun.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini ditambah dengan kondisi pandemic covid 19 yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring, tidak dengan tatap muka langsung, menimbulkan disrupsi social diantaranya para mahasiswa lebih cenderung hidup sendiri-sendiri, asyik dengan dunianya sendiri. Kehidupan mahasiswa pada masa ini jauh dari kata berhubungan dengan orang lain, mereka cenderung belajar secara pribadi dalam dunia maya, belajar dengan menggunakan berbagai media, fasilitas dan aplikasi yang telah tersedia di internet, komunikasi dengan teman dan dosen sangat terbatas. Untuk mencegah semakin buruknya dampak dari era disrupsi ini, maka walaupun terpisah oleh jarak, para mahasiswa tetap harus selalu bekerjasama dan berinteraksi, dan salah satu metoda pembelajaran yang memungkinkan untuk dilaksanakan adalah pembelajaran secara kolaboratif. Metoda belajar Kolaboratif mengarahkan para mahasiswa untuk belajar dengan saling membantu sesama teman. Sebagai makhluk social, manusia selalu berinteaksi dengan orang lain, berhubungan dengan orang lain. Oleh karena itu kolaborasi merupakan sebuah keniscayaan bagi mahasiswa. Kolaborasi akan sangat membantu mahasiswa dalam menerima dan memahami setiap informasi yang didapat. Metoda belajar kolaboratif menciptakan iklim belajar yang nyaman dan kreatif yang dapat meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan sehingga mahasiswa tidak mengalami kebosanan dan rasa tertekan dalam belajar yang pada akhirnya akan mendorong peningkatan motivasi mahasiswa dalam belajar.


Keywords


Keterampilan Kolaborasi; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Atkinson, Rita L, dkk. 1999. Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gagne, Robert M & Drisscoll, Marcy P. 1989. Essesntials of Learning for Instructions. New Jersey: Prentice Hall.

Purwanto. Pengembang Teknologi Pembelajaran, Kebutuhan, Peluang, dan Tantangan di Indonesia. Jurnal Teknodik Vol. 19 No. 2: Agustus 2015

Pusdatin. Pedoman Pemilihan Duta Rumah Belajar 2020. simpatik.kemdikbud.go.id

Suharwoto, Gogot. ISODEL 2018. Repoblika.co.id: 4 Desember 2018.

Suryani, Nunuk. Majalah Ilmiah Pembelajaran. UYNY: 2010

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Grafindo Persada.

Sumber lain:

https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/157/156

https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-kolaboratif-di-era-dan-pasca-pandemi-mengapa-tidak/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.