ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENDAPATAN PRODUSEN PRODUK POPCORN

Khairul Saleh, Gustami Harahap, Wahyunida Pulungan

Abstract


Popcorn adalah salah satu makanan ringan yang terbuat dari biji jagung. Makanan ringan ini banyak digemari oleh masyarakat dengan alasan harga yang murah dan tinggi serat, makanan ini juga baik bagi kesehatan dan juga bisa dimakan kapan saja. Dalam mendapatkan konsumen yang banyak, produsen popcorn terus berupaya dalam menjaga kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rata-rata pendapatan produsen popcorn di Kecamatan Percut Sei Tuan dan apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk popcorn. Pendapatan rata-rata pedagang popcorn di Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang yaitu berjumlah Rp. 3.605.179/bulan. Berdasarkan hasil uji-t terlihat bahwa secara parsial variabel kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, promosi, dan emosional berpengaruh positif dan signifikan  terhadap kepuasan konsumen pedagang popcorn di Kecamatan Percut Sei Tuan. Variabel faktor emosional memiliki tingkat pengaruh yang lebih tinggi dalam mempengaruhi kepuasan konsumen pedagang popcorn di Kecamatan Percut Sei Tuan.


Keywords


Popcorn; Kepuasan Konsumen; dan Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Albertine, A., 2009. Karakteristik Fisik Berondong Jagung Unggul Nasional (Zea mays L.) Diolah dengan Teknik Puffing Pemanasan Konveksi Suhu Tinggi dan Teknologi Oven Gelombang Mikro. Skripsi. Departemen Teknik Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Arikunto, S., 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipt.

Arsyad, L., Hudiyanto, dan D. Waluyo. 1985. Agribisnis Suatu pilihan Bagi Upaya Peningkatan Produksi Non Migas di Indonesia. Jurnal Agro Ekonomika, 23: 23-42.

Badan Pusat Statik Sumatera Utara 2016. Data Produksi Tanaman Jagung Pipil di Kabupaten Sumatera Utara

Badan Pusat Statistik, 2016. Produksi Tanaman Pangan 2015. https://www.bps.go.id. [26 Oktober 2021]

Barus MA. 2005. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Beberapa Sayuran Organik (Studi Kasus di PT Amani Mastra, Bekasi) [Skripsi]. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Farm. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor Ghalia Indo, Jakarta.

Boediono. 1982. Peengantar Ilmu Ekonomi No.2, Ekonomi Makro. Yogyakarta: BPPE.

Budiman Haryanto, S.P, 2015, Budidaya Jagung Organik Varietas Baru Yang Kian Diburu, Penerbit Pustaka Baru Press, Yogyakarta

Ditjen Tanaman Pangan. 2006. Program Peningkatan Produksi Jagung Nasional. Makasar-Pangkep.

Firdausa, Rosetyadi Artistyan & Fitrie Arianti. (2013). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios Di Pasar Bintaro Demak. Diponegoro Journal Of Economics. Volume. 2, Halaman 1-6.

Harling, Kenneth. 2002. An over view of Case Study. Canada: Wilfrid Laurier University.

Irawan, Handi, 2008. Membedah strategi Kepuasan konsumen. Cetakan pertama: PT. Gramedia: Jakarta

Jaya, A. H. M. 2011 . Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Kaki Lima Di Sekitar Pantai Losari Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Jurusan Ilmu Ekonomi Feb Unhas.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2010. Principles of Marketing. New York: Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip. 1997. “Marketing management analysis, planning implementation and control”. 9 th Edition. Prentiece-Hall, New Jersey.

Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. edisi kesebelas, Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi. Rambat . 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat Jakarta

Mubyarto, 1986. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES. Yogyakarta

Nasution, M.N 2004. Manajemen Jasa Terpadu : Total Service Management. Ghalia Indonesia; Bogor

Parasuraman, A, Leonard L. Berry, and Valarie A. Zeithaml. 1990.“Guidelinesfor Conducting Service Quality Research, “Marketing Research, Vol 2, No 4

Putri, Khamila, Rizky M. Adi Perdana, Yulita, dan Widya Ramadhani. 2019. Pengaruh Microwave Pada Jagung. Laporan Pengabdian Masyarakat. Universitas Trilogi. Rangkuti, Freddy, 2003, Riset Pemasaran, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi IBII.

Rukmana, R., 1997. Jagung budi daya dan pascapanen. Yogyakarta: Kanisius

Simamora, H., 2000. Manajemen Pemasaran Internasional (jilid 1), Jakarta : Salemba empat.

Suarni, & Subagio, H. (2013). Potensi Pengembangan Jagung dan Sorgum Sebagai Sumber Pangan Fungsional. Jurnal Litbang Pertanian, Vol. 32. No. 2, 47-55.

Sugiyono, 2007. Statistik untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta : Ghalia Indonesia dan MMA IPB.

Sumarwan, Ujang dkk, 2011. Riset Pemasaran dan Konsumen : Paduan Riset dan Kajian : Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Resiko, PT Penerbit IPB Press, Bogor.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Umar, H. 2000. Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Warisno 1998. Budidaya Jagung Hibrida. Yogyakarta: Kanisius.

Yeti, Desmiati. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap kepuasan konsumen Esia di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Manajemen Publik dan Bisnis. Volume 1 No.1 edisi Februari 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.