PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NURUL FURQON BINJAI

Asmayani Asmayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi dalam Kegiatan belajar mengajar adalah Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD). 2)Prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai. 3) pengaruh antara Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di  Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas Kelas XI di Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai T.A.2022/2023 yang berjumlah 61 siswa dan menggunakan tabel Issac dan Michael dalam penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 51 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) (X) dan prestasi belajar siswa (Y). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik pemusatan data dan uji persyaratan analisis.

Hasil penelitiannya adalah: 1) Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) di Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) diperoleh yaitu = 0,78 dengan keterangan baik. 2) Prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai masuk kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh yaitu =0,79 dengan keterangan baik. 3) Terdapat pengaruh antara Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di  Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai yang dibuktikan dengan nilai korelasi Product Moment (rxy) yang menunjukkan tingkat korelasi kedua variabel sebesar rxy = 0,93 dan taraf signifikan 5%. 4) Uji Normalitas diketahui nilai Lh = 0,967 dan nilai Lt = 0,124. Maka kesimpulannya Lh dan Lt dapat dikatakan normal karena Lh > Lt. 5) Uji Linieritas hasil yang diperoleh berjumlah 479,4581 yang menunjukkan bahwasanya dua variabel dapat dikatakan linier. 6) Uji Homogenitas diketahui nilai Chih = 59479.25 dan nilai Chit = 141318.8 Maka kesimpulannya adalah Chih dan Chit dapat dikatakan homogen karena Chih < Chit. Berdasarkan uji statistik T yaitu Thitung diperoleh hasil 2,12 dan Ttabel 2,02 dari taraf signifikan 0,05 nilai Thitung ternyata lebih besar dari nilai Ttabel yaitu 2,12>2,02. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara Strategi Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Devisions (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI di  Madrasah Aliyah Nurul Furqon Binjai.


Full Text:

PDF

References


Abudinata. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana. 2009.

Ahmadi, Abu. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 1991.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2000.

Fathurahman, Muhammad, Sulistyorini. Belajar Dan Pembelajaran: Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Kalimedia. 2018.

Fathurohman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2017.

Gunarso, Arif. Bimbingan Belajar Siswa. Jakarta: Bina Aksara.1993.

Huda, Miftahul. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Strktur dan Model Penerapan. Yogyakarta:Pustaka Pelajar. 2014.

Ihsan, Hamdan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia. 2007.

Isjoni. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta. 2009.

Iskandar, Wassid, dan Sunandar Dadang. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2013.

Lunggulung, Hasan. Azas-Azas Pendidikan Islam. Jakarta:Pustaka Al-Husna.1988.

Maufur, Hasan Fauzi. Sejuta Jurus Mengajar dan Mengasyikan. Semarang:PT. Sindua Press. 2009.

Nasution, S. Azas-Azas Mengajar. Bandung: Jemmars, 1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.