STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKAT KAN ETOS KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NURUL IMAN SELAYANG

Alfian Tanjung, Fenny Mustika Piliang

Abstract


Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah etos kerja guru semakin hari semakin menurun karena kurangnya motivasi guru dalam bekerja sehingga guru merasa kurang dihargai dan diperhatikan dalam setiap tindak tanduknya. Guru juga beberapa kali terlambat dan tidak disiplin waktu dalam kehadiran ke madrasah.

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui etos kerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Iman Selayang, dan untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Iman Selayang, serta untuk mengetahui kendala yang dialami dan solusi yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Iman Selayang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa: strategi kepala madrasah dalam meningkatkan etos kerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Iman Selayang, dengan memenuhi kebutuhan finansial guru. Kemudian kepala madrasah juga memberikan reward kepada guru yang dinilai paling disiplin dalam hal kehadiran. Selanjutnya memberikan pelatihan kurikulum kepada guru sebagai bentuk peningkatan kualitas keprofesian guru, sehingga nantinya dapat meningkatkan etos kerja guru. Kemudian kendala dalam meningkatkan etos kerja guru di Madrasah Aliyah Nurul Iman Selayang, yaitu masih ada guru yang suka terlambat. Dan sekitar 15% guru masih belum linier dengan mata pelajaran yang diampu. Sehingga solusi yang ditawarkan sebagi upaya perbaikan dalam mengatasi kendala yang terjadi, yaitu kepala madrasah memberikan punishment atau sanksi kepada guru yang tercatat memiliki riwayat paling banyak tidak tepat waktu hadir ke sekolah. Dan kepala madrasah memberikan pelatihan kepada dewan guru, sehingga bagi guru yang tidak linier pun akan secara perlahan belajar dan mampu mengadakan perangkat pembelajaran yang sesuai.


Keywords


Strategi Kepala Madrasah; Etos Kerja Guru

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, Pengaruh Etos Kerja, Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor, Jakarta: Qiara Media, 2019.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Badeni, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Bandung: Alfabeta, 2017. Dono, Bagus Eko, Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa, Bogor: Guepedia, 2021.

Fitriyani, Diyah dkk., Faktor-faktor yang Mempengaruhi Etos Kerja Pegawai Kecamatan Sidorejo Salatiga, Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol.8 No.1, 2019.

Hermawan, Iwan, Teknis Menulis Karya Ilmiah; Berbasis Aplikasi dan Metodologi, Kuningan: Hidayatul Quran, 2019.

Hidayatullah, Moh. Nur, dan Moh. Zaini Dahlan, Menjadi Kepala Sekolah; Ideal, Efektif, dan Efisien, Malang: Literasi Nusantara, 2019.

Indrasari, Meithiana, dan Ida Ayu Nuh Kartini, Karakteristik Sumber Daya Manusia Era Digital; Perspektif Kepemimpinan, Motivasi, dan Etos Kerja, Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2021.

Kaharuddin, Kepemimpinan Kepala Sekolah; Konsep dan Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bima: Pustaka Pencerah, 2021.

Kompri, Manajemen Sekolah: Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

Krismiyati, Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak, Jurnal Office, 2017, Vol.03 No.01.

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013. Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Muhafidin, Didin, dan Yadiman, Etika Administrasi Publik, Yogyakarta: Andi Offset, 2020.

Mundiri, Akmal, dan Jailani, Kepemimpinan dan Etos Kerja di Lembaga Pendidikan Islam; Konsep dan Implementasi, Pamekasan: Duta Media Publishing, 2019.

Priansa, Donni Juni, dan Rismi Somad, Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: Alfabeta, 2014.

Purwati, Eni, dan Anang Kunaefi, Pemetaan Potensi Anak Didik Berbasis Multiple Intelligences dalam Pendidikan Islam; Analisis Potensi Anak di Taman Kanak-kanak/Raudlatul Athfal, Sidoarjo: Zifatama Jawara, 2020.

Rahim, Abd. Rahman, Cara Praktis Penulisan Karya Ilmiah, Yogyakarta: Zahir Publishing, 2020.

Ramayulis, dan Mulyadi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islami, Jakarta: Kalam Mulia, 2017.

Saebani, Beni Ahmad, dan Kadar Nurjaman, Manajemen Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Sagala, Syaiful, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2013.

Setyo, T., Etos Kerja Tinggi Cermin Kepribadian Muslim Unggul, Jurnal: Wahana Akademik, 2016, Vol.03, No.01.

Shulhan, M., dan Soim, Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2013.

Siregar, Definisi Etos Kerja, Jurnal Online, 2000, (Diakses tanggal 21 Mei 2022). Sola, E., Ada Apa dengan Supervisi Pendidikan?, Jurnal, 2018, Vol.02 No.01.

Subaidi, Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Madrasah (Studi Kasus di MA Matholi’ul Huda Bugel Jepara), Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2018, Vol.02 No.02.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2017.

Suharyat, Yayat, Model Pengembangan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Islam, Klaten: Lakeisha, 2022.

Suriadi, dan Triyo Supriyatno, Profesionalisme Guru Berbasis Religius, Malang: Literasi Nusantara, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.