STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA TEKNOLOGI

Yanhar Jamaluddin

Abstract


Pendidikan merupakan komponen yang memiliki peranan yang strategis bagi bangsa Indonesia  untuk dapat survive dalam persaingan dunia. Output dan outcome dari dunia pendidikan sangat diharapkan dapat mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Tujuan pendidikan sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan negara. Penetapan arah, tujuan dan strategi lembaga pendidikan Islam sangat diperlukan agar lembaga Pendidikan islam dapat meningkat baik dari sisi  kualitas sehingga memiliki banyak peminat dan dapat survive di era teknologi ini. Penetapan arah, tujuan lembaga mengikuti arah kebijakan pendidikan nasional pada umumnya maupun kebijakan Islam terkhusus, penetapan arah, tujuan lembaga pendidikan Islam merupakan suatu pedoman dalam pengembangan dan pengelolaan lembaga pendidikan Islam di era persaingan sumberdaya manusia sebagai outcome dari lembaga pendidikan yang semakin kompetitif.


Full Text:

PDF

References


Abudin, Nata, Modernisasi Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: UIN Jakarta Press, 2006

Mudyahardjo, Redja, Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2016

Nugroho, Riant dan HAR Tilaar, Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Sanaky, Hujair. AH., Paradigma Pendidikan Islam: Membangun Masyarakat Madani Indonesia, Yogyakarta: Insania Press, 2013

Suharto, T., Rekonstruksi dan Modernisasi: Menuju Revitalisasi Lembaga Pendidikan Islam, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2015.

Rahim, H., Madrasah Dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2015

Rosyada, Paul, Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2014.

Tilaar, H.A.R., Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Elektronik :

https://khazanah.republika.co.id/berita/nkw01l/jumlah-perguruan-tinggi-islam-indonesia-terbanyak-di-dunia/2023

(https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6753167/19-ptn-terbaik-di-indonesia-versi-the-impact-rankings-2023-ui-nomor-1/2023)

(https://upttik.undiksha.ac.id/webometric-2023/2023)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.