ANALISIS USAHATANI TANAMAN HIAS BUNGA ANTHURIUM

Syarif Rafinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah usaha tanaman hias Anthurium menguntungkan, untuk mengetahui apakah usaha tanaman hias Anthurium layak untuk di kembangkan, serta untuk mengetahui break even point usaha tanaman hias Anthurium di daerah penelitian. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu di Desa Bangun Sari; Kecamatan Tanjung Morawa; Kabupaten Deli Serdang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan petani tanaman hias menggunakan kuisoner pengambilan responden ditentukan dari petani tanaman hias anthurium secara acak sederhana dan berstrata secara proporsional yaitu sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Untuk kelayakan usahatani tanaman hias bunga Anthurium dinyatakan layak karena nilai R/C utuk tanaman hias bunga Anthurium nilainya lebih dari 1 sehingga dinyatakan layak. BEP usaha tanaman hias bunga Anthurium yaitu : untuk BEP produksi tanaman hias bunga Anthurium adalah 1.539 polibeg. Untuk BEP harga tanaman hias bunga Anthurium adalah Rp Rp 14.514.

 


Keywords


Kelayakan; Usahatani; BEP

Full Text:

PDF

References


Ari W.Purwanto, 2006. Anthurium. Diakses melalui http://www.barouset. com. Diakses pada tanggal10 Maret2018.

Arumsari, 2000. Skripsi judul “Pengaruh Krisis Ekonomi Terhadap Tingkat Pendapatan Petani Anggrek Dendrobium.

Budiprawira dan Saraswati, 2006. Anthurium, Penebar Swadaya, Jakarta.

Daniel, 2002. Sistem usaha tani. Diakses melalui https://lindasetia924. wordpress. com. Pada tanggal 27 April 2018.

Kelurahan Bangun Sari, 2018. Analisis pendapatan dan pemasaran. program studi agribisnis jurusan sosial ekonomi pertanian fakultas pertanian universitas usu.

Mubyarto, 1972. Pemasaran pertanian. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/13398-ID-analisis-efisiensi pemasaran Pada tanggal 15 April 2018

Mubyarto, 1994. Ekonomi Pertanian : Pengantar dan Analisa, Konsep. Jakarta: LP3ES.

Nasaruddin, 1993. Komoditi Ekspor Pertanian. Jakarta. Penebar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.