UPAYA PENCEGAHAN STUNTING MELALUI KEGIATAN SOSIALISASI POLAH HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI DESA PEMATANG PANJANG

Abdurrozzaq Hasibuan, Suhela Putri Nasution, Kimberly Febrina Kodrat, Abdul Azis Nasution

Abstract


Stunting merupakan masalah gizi yang bersifat kronis karena kekurangan asupan nutrisi pada tubuh dalam waktu lama yang mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebuah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa angka stunting yang tinggi pada anak balita di Desa Pematang Panjang menjadi masalah yang memerlukan perhatian. Pola Hidup Bersih dan Sehat merupakan salah satu dari banyaknya faktor penyebab yang secara tidak langsung dapat berpengaruh pada gizi dan kesehatan balita. Ada berbagai upaya dalam penanggulangan stunting yang dapat dilakukan, salah satunya dengan cara penerapan pola hidup bersih dan sehat. Kegiatan sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat pada adik-adik SDN 23 dan masyarkat serta ibu-ibu PKK yang merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang berlokasi di Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih dilaksanakan di SDN 23 Desa Pematang Panjang, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batubara kegiatan yang berlangsung. Tujuan diadakan pengabdian masyarakat yang berlokasi di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Air Putih ini agar masyarakat lebih paham akan bahaya stunting dan mampu membantu menurunkan angka stunting di Desa Pematang Panjang. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah sosialisasi bertemakan pola hidup bersih dan sehat dengan sasaran anak-anak Sekolah SDN 23 dan masyarakat serta ibu-ibu PKK Pematang Panjang.


Keywords


Pola Hidup Bersih dan Sehat; Stunting

Full Text:

PDF

References


Bedasari, H., Novita, F., Sambuardi, R., & Safitri, P. (2021). Implementasi kebijakan cegah stunting di Desa Sepedas Kelurahan Pasir Panjang Kabupaten Karimun. Jurnal Awam, 45-50.

Fallo, A. (2020). Implementasi Kebijakan Pencegahan Stunting oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Timor Tengah Selatan di Kecamatan Kie. Jurnal Ekonomi & Ilmu Sosial, 1-21.

Febrian, F., & Yusran, R. (2021). Koordinasi dalam implementasi kebijakan pencegahan stunting di Kota padang. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 11-21.

Husnaniyah, D., Yulyanti, D., & Rudiansyah, R. (2020). ubungan Tingkat Pendidikan Ibu dengan Kejadian Stunting. The Indonesian Journal of Health Science, 57-64.

Kinanti, A., & Yusran, R. (2022). Implementasi Kebijakan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting Berbasis Nagari di Nagari Kajai Pasaman Barat. Journal of Civic Education, 293-300. Prawirohartono, E. P. (2021). STUNTING: Dari Teori dan Bukti ke Implementasi di Lapangan. D.I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kemenkes RI. (2018). Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan: Situasi Balita Pendek di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Sutraningsih, W., Marlindawani, J., & Silitonga, E. (2021). Implementasi Strategi Pelaksanaan Pencegahan Stunting di Kabupaten Aceh Singkil Tahun 2019. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 49-67.

http://pematangpanjang.banjarkab.go.id/artikel/2021/6/23/rembuk-stunting-desa-pematang-panjang-tahun-2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.