PERAN PEREKONOMIAN MIKRO DAN MAKRO TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Fauzi Fauzi, Putri Astina, Nurani Awzahra Sinaga, Desi Wahyuni, Anggun Melisa, Shindy Putri Dwifa Harahap, Jasmine Aisha Akila, Irfan Salim, Firmansyah Firmansyah, Mardiansyah Putra L Tobing, Alya Dwiyanti, Herni Sarah, Habib Muhadzib

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perekonomian mikro dan makro terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Masalah ekonomi nasional adalah ruang lingkup ekonomi makro. Suatu negara untuk mengembangkan ekonominya pasti akan menemui beberapa kendala. Hambatan itu adalah masalah internal yang harus diselesaikan oleh pemerintah negara bagian negara itu. Hambatan bahwa masalah inflasi dan pengangguran yang tidak terkendali seperti itu tidak lepas dari masalah kualitas dan kuantitas penduduk di Indonesia sangat beragam. Dalam menyelesaikan masalah tersebut, tentunya suatu negara menerapkan kebijakannya sebagai pemegang otonomi. Kebijakan berhasil atau tidak adalah tujuan yang harus diperjuangkan. Pertumbuhan ekonomi negara dapat ditunjang dengan adanya tenaga kerja yang berkompetensi yang dapat mewujudkan ekspor impor barang yang dapat membawa negara ke mata dunia.

Keywords


Peran; Ekonomi; Tenaga Kerja; Ekspor Impor

Full Text:

PDF

References


Astrini, D., Juanda, B., & Achhsani, N. A. (2016). Impact of Redenomination on pricce, volume, and value of transaction: an experimental approach. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, 19(2).

Chandra, P. T. (2016). Esensi Ekonomi Makro. Sidoarjo: Zhifatama Publisihing.

Mustikowati, R. I. (2016). Modul Ajar Teori Ekonomi Makro. Malang; Universitas Kanjuruhan Malang Pers.

Purnawati, L. (2005). Kemampuan Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba. http://www.pdf-finder.com

Statistik, B. P. (2023). Ekspor Impor Juli 2023 Mencapai US$20,88 miliar. Badan Pusat Statistik.

Sugiyanto, & Romadhina, A. P. (2020). Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro dan Makro. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju.

Sukirno, S. (2010). Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.