PELATIHAN PERBAIKAN QAULIYAH, FI’LIYAH DAN BATHINIYAH SHALAT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS SHALAT

Nur Asyiah Siregar, Susanti Nirmalasari, Hotni Sari Harahap

Abstract


Shalat merupakan rukun Islam yang kedua, dan merupakan suatu kegiatan yang wajib untuk dilakukan oleh setiap muslim dengan waktu yang sudah ditentukan. Shalat memiliki syarat, rukun serta bacaan tertentu, yang dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam. Dalam pelaksanaannya terdapat beberapa rukun yang akan mempengaruhi kualitas shalat, diantaranya : rukun bacaan (qauliyah), rukun gerakan (fi’liyah), dan rukun untuk menetapkan hati (bathiniyah). Semakin sesuai qauliyah dan fi’liyah serta didukung dengan bathiniyah yang kuat, kualitas dari shalat juga akan meningkat. Namun, tidak semua muslim memahami hal tersebut. Masih banyak muslim/ muslimah yang mengerjakan shalat hanya untuk sekedar saja. Maka dari itu tim pengabdian merasa harus memperluas pemahaman tersebut pada orang banyak dengan memberikan pelatihan. Yang menjadi target dalam pelatihan kali ini adalah ibu-ibu muslimah yang berada dalam pengajian Muslimah Tangguh terletak di perumahan Bumi Serdang Damai Desa Sigara-gara Kecamatan Patumbak.

Tim pengabdian berharap dengan adanya kegiatan pengabdian berbentuk pelatihan ini para peserta dapat mengimplementasikan hasil dari pelatihan untuk diri sendiri dan menyebarkan pemahaman ilmu pada orang-orang yang ada sekitarnya.


Keywords


Shalat; Qauliyah; Fi’liyah; Bathiniyah; Kualitas Shalat

Full Text:

PDF

References


Abu Muhammad Abdul Malik Bin Hisyam Al- Muafiri (2009). Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam. Darul Falah.Jakarta.

Abu Bakr Al-Jazairi (2001), Ensiklopedi Muslim Minhajul Muslim, Darul Falah .Jakarta.

Departemen Agama RI Al Hikmah (2011), Al-Qur’an dan Terjemahan, Diponegoro. Bandung.

Idris, M. (2006). Tempat Ibadah Sebagai Pusat Pengembangan Masyarakat. Aplikasia Vol. Vii, No. 2, Desember 2006.

Rusdi, M., & Omar, M. A. (2019). Contribution of Animals and Plants in Prospering Lives According to Al-Quran. Journal of Techno-Social, 11(1).

Sofwan, S. (2020). Pembelajaran Ilmu Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Bagi Santri (studi kasus Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zulkifli, A. M. B. (2018). Konsep Muhasabah Diri Menurut Imam Al-Ghazali (Studi Deskriptif Analisis Kitab Ihya’Ulumiddin) (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.