ANALISIS ENKRIPSI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN ALGORITMA LOGISTIC MAP DENGAN ALGORITMA KOMPRESI LAMPEL-ZIV-WELCH (LZW)

Sudirman M.Kom.

Abstract


Penggunaan data berupa file citra sudah semakin luas diberbagai bidang. Oleh karena itu pengamanan terhadap file citra dari akses orang-orang yang tidak berhak menjadi hal yang penting. Berbagai macam teknik untuk mengamankan data atau informasi telah banyak dikembangkan salah satunya adalah teknik kriptografi. Selain dari segi keamanan, yang perlu diperhatikan jika bekerja dengan file citra adalah ukuran file yang dominan besar. Teknik kriptografi dan teknik kompresi menjadi hal penting didalam pengolahan citra. Algoritma Logistic Map merupakan algoritma berbasis Chaos yang mempunyai sensitivitas yang dapat diandalkan didalam mengenkripsi citra. Lempel Ziv Welch merupakan algoritma kompresi yang bersifat loseless yang dapat mengkompresi citra tanpa ada kehilangan unsur pixel didalamnya atau citra hasil kompresi identik dengan citra aslinya. Citra akan di enkripsi terlebih dahulu baru kemudian dilakukan teknik kompresi dengan algoritma Lempel Ziv Welch. Hasil kompresi yang dihasilkan tidak lagi dalam bentuk gambar tetapi dalam bentuk file dengan ekstensi *.mat. Perbedaan format file dari citra menjadi file yang bukan citra dapat membantu menghindari perhatian kriptanalisis.

Full Text:

PDF

References


Irfan,P., Prayudi, Y., & Riadi, I. 2015. Image Encryption using Combination of Chaotic System and Rivers Shamir Adleman (RSA). International Journal of Computer Applications (0975 – 8887), pp. 11-16.

Neta, M.R.A. 2013. Perbandingan Algoritma Kompresi Terhadap Objek Citra Menggunakan JAVA. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2013 (Semantik 2013), pp. 224-230.

Munir, R. 2012. Algoritma Enkripsi Citra Digital Berbasis Chaos Dengan Penggabungan Teknik Permutasi dan Teknik Substitusi Menggunakan Arnold Cat Map dan Logistic Map. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Infomatika (SENAPATI 2012), pp. 107-124.

Fdsaf Sharma, M. 2010. Image Encryption Techniques Using Chaotic Schemes: A Review. International Journal of Engineering Science and Technology 2(6), pp. 2359-2363.

Chang, C.-C., Hwang, M.-S & Chen, T.-S. 2001. A New Encryption Algorithm For Image Cryptosystems. The Jurnal Of Systems And Software 58 : 83-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License