Kurangnya Minat Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Panti Pasaman dan Peran Guru dalam Mengatasinya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, A.-, & Taha, N. (2024). Peran sastra sebagai pembentukan karakter siswa. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 3(4), 12–20. https://doi.org/10.57218/jupenji.Vol3.Iss4.1230
Alfianida, L. D., & Basuki, I. A. (2024). Peran dan fungsi supervisi pembelajaran terhadap ketidakefektifan strategi mengajar guru. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(4), 346–356. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p346-356
Anggraini, D., Ariesta, R., & Trianto, A. (2023). Pengembangan bahan ajar sastra cerita rakyat Nusantara. Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 126–136. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i2.22850
Apriliyani, F. D., Salamah, R. A., Amalia, F. P., & Sari, F. W. (2023). Studi kasus kesulitan membaca dan upaya guru dalam mengatasinya pada peserta didik kelas IV B SDN Demaan Jepara. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.35
Firdaus, A., & Subagja, F. (2024). Menelaah perkembangan teori sastra Indonesia. Konsensus: Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1(5), 216–222. https://doi.org/10.62383/konsensus.v1i5.614
Hatima, Y. (2025). Peran guru dalam menumbuhkan apresiasi sastra melalui pembacaan puisi di kelas rendah SDN Kesaud Kota Serang. Journal of Humanities, Social Sciences, and Education, 1(1), 102–112. https://doi.org/10.64690/jhuse.v1i1.220
Hutabarat, I., & Suharti, S. (2025). Peran guru dalam menumbuhkan apresiasi sastra siswa kelas VI SDN 2 Mata IE - Aceh Besar tahun pelajajaran 2024/2025. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 24(2), 177–182. https://doi.org/10.21009/bahtera.242.07
Kushartanti, K. (2007). Strategi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah dasar: Peran guru dalam menyikapi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 9(1), 107. https://doi.org/10.17510/wjhi.v9i1.230
Mustika, R. I., Nurhayati, E., Isnaini, H., Yudamahardika, R., Sahmini, M., & Ratna Sari Dewi, Y. (2025). Peningkatan kualitas pembelajaran sastra di sekolah menengah pertama melalui pendekatan deep learning (mindful–meaningful–joyful): Pengabdian pada masyarakat di MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Purwakarta. Abdimas Siliwangi, 8(2), 540–564. https://doi.org/10.22460/as.v8i2.27289
Qadaria, L., Rambe, K. B., Khairiah, W., Pulungan, R. M. I., & Zahratunnisa, E. (2023). Analisis faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis belajar siswa SD kelas IV. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 97–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1675
Rahmawati, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2022). Analisis kesulitan menulis karangan pada peserta didik kelas V A SD Negeri 1 Kalampangan tahun 2021/2022. Anterior Jurnal, 21(2), 86–91. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.3549
Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh minat belajar siswa dan persepsi atas upaya guru dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 102–109. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi literatur: Upaya dan strategi meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–17. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sitorus, H., Sagita, R. D., Rahmadarati, R., Chandra, C., & Suriani, A. (2024). Analisis kesulitan keterampilan menulis karangan deskripsi peserta didik Fase B di sekolah dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(3), 289–303. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.739
Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796
Trisnawati, T., & Fauziya, D. S. (2024). Faktor penyebab kejenuhan belajar siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran bahasa Indonesia. Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(5), 214–226. https://doi.org/10.62383/aliansi.v1i5.407
Wangge, M. Y., Santoso, A. P., Kartika, V., & Febriani, U. F. (2021). Strategi guru dalam mengatasi kejenuhan belajar daring pada siswa SMAN 4 Semarang selama masa pandemi. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 135–141. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.109
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.10277
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id