Peranan Filsafat sebagai Landasan Pengembangan Pendidikan Bahasa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariya, A. A., & Ismail, I. (2025). Filsafat pendidikan di era globalisasi: Tantangan dan peluang dalam konteks multikultural. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1122–1131. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6442
Boell, S. K., & Cecez-Kecmanovic, D. (2015). On being ‘systematic’ in literature reviews in IS. Journal of Information Technology, 30(2), 161–173. https://doi.org/10.1057/jit.2014.26
Dinihari, Y., Rahmat, A., & Rohman, S. (2023). Filsafat dan ilmu pengetahuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis web. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 148–161. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6309
Gera, I. G. (2020). Analisis pembelajaran e-learning dalam perspektif aliran filsafat pendidikan progresivisme. Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 1(2), 167–178. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i2.50
Ginting, D. A., Zaim, M., & Thahar, H. E. (2023). Filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan pendidikan bahasa. Journal on Education, 5(2), 2881–2887. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.936
Handayani, D., & Zaim. (2023). Urgensi filsafat bahasa dalam pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa berbasis outcome based education. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 213–219. https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56834
Harahap, A. N., Ananda, A., Mukhaiyar, M., & Harahap, T. R. (2023). Analisis pembelajaran e-learning dalam perspektif aliran filsafat pendidikan progresivisme. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 303–309. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1486
Istikhomah, I., & Suharto, A. W. B. (2021). Filsafat sebagai ilmu yang menjadi landasan bagi ilmuwan dalam mengembangkan sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.31192
Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing systematic literature reviews in software engineering. EBSE Technical Report, Keele University.
Milasari, M., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Filsafat ilmu dan pengembangan metode ilmiah. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(3), 217–228. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i3.35499
Munibi, A. Z., Zuriyati, Z., & Setiadi, S. (2024). Filsafat dan pembelajaran bahasa Inggris: Keterkaitan dalam konteks kurikulum Merdeka Belajar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 399–414. https://doi.org/10.58230/27454312.1392
Musahrain, M., Masitoh, S., Nursalim, M., & Afrianti, I. (2023). Peranan filsafat bahasa terhadap perkembangan linguistik terapan dalam dunia pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1640–1645. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1403
Nugroho, R. A. (2020). Peranan filsafat bahasa dalam perkembangan linguistik (The role of language philosophy in the development of linguistics). Jalabahasa, 14(2), 10–20. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v14i2.204
Petticrew, M., & Roberts, H. (2006). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. Blackwell Publishing.
Putri, I. Y., Nurwahidin, M., & Sudjarwo, S. (2022). Filsafat ilmu dan peranannya terhadap kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(4), 1431–1440. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i4.4330
Rahmasari, N. V. D., & Zuchdi, D. (2021). Tinjauan filsafati (ontologi, epistimologi, dan aksiologi) dalam muatan materi sastra dalam buku teks bahasa Indonesia kelas VIII serta relevansinya dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 111–117. https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.22841
Sholikhah, M. (2020). Hubungan antara filsafat dengan pendidikan. Tabyin: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 22–30. https://doi.org/10.52166/tabyin.v2i2.89
Sutisna, S. (2019). Pengantar filsafat ilmu pengetahuan. An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 122. https://doi.org/10.32678/annidhom.v4i1.4428
Tarigan, M., Yasmin, F. A., Rifai, A., Yusriani, Y., & Azmi, K. (2022). Filsafat ilmu sebagai landasan pengembangan ilmu pendidikan. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 175–182. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.4049
Wahyudi, A. I., & Ayun, D. (2024). Tinjauan cabang filsafat (ontologi, epistimologi, dan aksiologi) dalam buku bahasa Indonesia kelas IV SDN Patengteng 1. Jurnal Kajian dan Penelitian Umum, 2(1), 34–45. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.625
Warami, H. (2018). Bahasa dalam gerbang filsafat pendidikan: Perspektif ontologi bahasa dan budaya. Jurnal Triton Pendidikan, 1(1), 35. https://doi.org/10.30862/jtp.v1i1.793
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.10628
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id