Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa dalam Menyusun Laporan Percobaan pada Siswa Kelas IX B SMP Negeri 7 Rantau Bayur
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, H. S. (2016). Menumbuhkan budaya menulis melalui jurnal dengan pendekatan peta pikiran bagi siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, 2, 1–7.
Cahyaningsih, E., & Karunia Assidik, G. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan minat belajar pada materi teks berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/bppp.v3i1.19385
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75. https://doi.org/10.21009/pip.321.8
Darmadi, K. (1996). Meningkatkan kemampuan menulis. Yogyakarta: ANDI.
Jahrudin, & Nuraini, W. (2022). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar SKI. Teacher Education, 1(2), 64–69. https://doi.org/10.30631/jemst.v2i1.15
Kristin, F. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. GEEJ (Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini), 7(2), 84–92.
Lubis, H. M., Fatria, F., Lestari, N., Nasution, N., & Liani, A. Y. (2024). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 pada materi pendidikan Pancasila di SDN 060925 Medan Amplas. Journal of Education Research and Evaluation, 8, 47707–47712.
Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X jurusan akuntansi semester ganjil SMK PGRI 5 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 115. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6456
Sembiring, T. F., Kertih, I. W., & Pageh, I. M. (2024). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, 8(2), 84–91. https://doi.org/10.23887/pips.v8i2.3675
Wijayanti, R. D., Rachmawati, D. K., & Setyawan, A. (2023). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan hasil belajar mata pelajaran biologi kelas 11 IPA. J-SES: Journal of Science, Education, and Studies, 2, 67–73. https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/19269
Wisuda, L, S. S. (2020). Media komik sebagai sarana meningkatkan kemampuan menulis. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 156–165. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3365
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i2.10780
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id