STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

Mepri Yanti Pandiangan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) strategi pelaksanaan pendidikan karakter disekolah; dan (2) implementasi pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Pengumpulan data dilakukan denan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu dengan pengecekan terhadap informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pendidikan karakter peserta didik dapat dilakukan melalui: pengintegrasian nilai dan etika pada mata pelajaran, internalisasi nilai positif yang di tanamkan oleh semua warga sekolah, pembiasaan dan latihan, pemberian contoh dan teladan, penciptaan suasana berkarakter di sekolah, serta pembudayaan. Implementasi pendidikan karakter peserta didik dilakukan melalui keterpaduan antara pembentukan karakter dengan pembelajaran, manajemen sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler.

Kata Kunci: Strategi, Implementasi, Pendidikan Karakter

Abstract. This study aims to understand: (1) strategies for implementing character education in schools; and (2) the implementation of student character education. This research is a qualitative descriptive study. Data collection is done with observation, interview, and documentation techniques. Checking the validity of the data is done by triangulation techniques, namely by checking the information on the results of interviews with rules and observations. The results of the study show that the strategies for implementing student training can be done through: integrating values and ethics on subjects, internalizing positive values instilled by all school members, habituating and training, giving examples and examples, related to character in school, and culture. The implementation of student character education is carried out through integration between character building with learning, school management, and extracurricular activities.

Keywords: Strategy, Implementation, Character Education


Full Text:

PDF

References


Adel, Sayyed Mohham Reza. Davoudi dan Ramezanzadeh. 2016. “A Qualitative Study of Politeness Strategies Used by Iranian EFL learners in a Class Blog”. Journalof Language Teaching Research, Iran Hakim Sabzevari University. Vol. 04.No. 47-62.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas. 2010. Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemen-diknas.

E. Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosda.

Karya. Fitri, Agus Zaenul. 2012. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Karakter Religius dan Nasionalisme di MAN Temanggung. Jurnal Paramitha. Vol 5. No 2. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Wahyu, Purhantara. 2010. Metode Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha.

Wagiran. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran dan Penilaian. Semarang: Bahtera Wijaya Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.