KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BAHAN AJAR INTERAKTIF YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL BREBES DALAM MATA KULIAH SEMANTIK

Prasetyo Yuli Kurniawan

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan perkuliahan semantik dengan menggunakan bahan ajar interaktif yang berbasis kearifan lokal Brebes dan menguji keefektifan bahan ajar interaktif yang berbasis kearifan lokal Brebes. Metode pada penelitian ini digunakan metode eksperimen. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini yaitu one group pretest-postest design.  Jenis eksperimen tersebut menggunakan satu kelas dan terdapat tes awal sebelum diberi perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai awal (pretest) terdapat mahasiswa yang belum tuntas sebanyak 22 mahasiswa  dan nilai akhir (postest) pada mahasiswa sudah tuntas semua. Hasil uji keefektifan berdasarkan tabel independent samples test menyatakan adanya perbedaan signifikan hasil pretest dan posttest. Dengan demikian dapat d isimpulkan bahwa bahan ajar interaktif mata kuliah semantik yang berbasis kearifan lokal Brebes efektif digunakan dalam perkuliahan.

Kata Kunci: metode eksperimen, bahan ajar interaktif, kearifan lokal Brebes,

                      semantik. 

Abstract. The purpose of this study is to describe and associated semantics with the use of interactive learning materials based local wisdom of Brebes and test the effectiveness of interactive learning materials based local wisdom Brebes. This research method used a method of experimentation. The form of experiments in this study i.e. one group pretest-postest design.  The type of the experiment using a single class, and there are initial tests before being given the treatment. The results of this study showed that the initial value (pretest) there are students who hadn't as much as 22 students and the final value (postest) on students already finished all. Test result table based on the effectiveness of independent samples test stating the existence of significant differences result pretest and posttest. Thus it can be d isimpulkan that interactive learning materials courses semantics based local wisdom Brebes effectively used in lectures.

Keyword: experimental methods, interactive learning materials, local wisdom of

                 Brebes, semantics.

Full Text:

PDF

References


Achmad, Said Suhil. 2009. Pengantar Pengembangan Bahan Ajar di Perguruan Tinggi. Pekanbaru.

Arsanti, Meilan. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Jurnal Kredo Vol. 1 No. 2. Retrieved from http://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/article/view/2107.

Ferdianto, Ferry & Setiyani. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM Vol. 2 No.1 hal.37. Retrieved from

http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/781.

Harijanto. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajar Sekolah Dasar. Didaktika. Vol. 2 No.1 Hal. 216-226. Retrieved from https://utsurabaya.files.wordpress.com/2010/08/harijanto1-pengembangan-bahan-ajar-sd.pdf.

Lestariningsih, Novi & Siti Partini Suardiman. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Integratif Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Peduli dan Tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter Tahun VII No.1. Retrieved from

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15503

Malalina & Nila Kesumawati. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Vol.8 No. 1. Hal. 55-70. Retrieved from

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/1861

Nurpratiwiningsih, Laelia & Didik Tri Setiyoko. 2018. Development of Education Games Map Material as a Learning Media for Elementary School Students. Vol. 7 No. 3. Hal 249-257. Retrieved from

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/26251

Parris, Patrick. 2010. Cultural Dimensions of Learning: Addressing the Challenges of Multicultural Instruction. Vol.11 No.2.

Pemerintah Daerah Brebes. 2008. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Brebes Tahun 2005-2025. Sekretariat Bapeda. Brebes.

Oka, Gde Putu Arya. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Component Display Theory (CDT) pada Mata Kuliah Multimedia Jurusan Teknologi Pendidikan FIP Undiksha. E-Jurnal Imedtech Vol.1 No.1. Retrieved from

http://ejournal.citrabakti.ac.id/index.php/imedtech/article/view/8

Rosida, Noor Fadiawati, & Tri Jalmo. 2017. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Inr=teraktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol 5, No 1. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11886

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta.

Winarto. 2016. Pengembangan Model Wisata Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan Saintifik di Brebes Selatan sebagai Alternatif Model Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dialektika Vol. 6 No. 2. Retrieved from https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpgsd/article/view/6.

Zinnurain dan Ahmad Muzanni. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram Vol. 4. No. 2. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim/article/view/192




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.