PENGARUH MEDIA LAGU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA

Silvia Siburian

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis puisi siswa  tanpa menggunakan media lagu dan kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan media lagu di SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Pemilihan kelas dilakukan secara acak dan didapat kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 34 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen dengan media lagu dan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh media lagu terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa 2016/2017. Hal ini dibuktikkan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan cara uji t satu pihak yaitu pihak kanan, dengan kriteria pengujian, tolak h0 jika t’ ≥ 1,68, karena hasil t’ = 5,79 maka 5,79 ≥ 1,68 oleh karena itu h0 ditolak dan ha diterima. Oleh karena itu perlu dilakukan adanya media lagu terhadap kemampuan menulis puisi pada guru SMA Negeri 1 Tanjung Morawa guna meningkatkan hasil belajar khususnya hasil kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media lagu.

Kata kunci : Media Lagu , Kemampuan Menulis Puisi

Abstract. This study aims to determine the ability to write poetry by students without using the media song and the ability to write poetry students by using media songs in SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. The sample of this research is the students of class X MIA 1 SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Random sampling technique was chosen consisting of 34 people. This research uses experiment method with song media through quantitative approach. The results of this study indicate that there is influence of song media on the ability to write poetry by students of class X MIA SMA Negeri 1 Tanjung Morawa in 2016/2017 academic year. This is proven by hypothesis testing done through one party's right-side T test, with test criterion, reject h0 if t '≥ 1.68, since the result t = 5.79 then 5.79 ± 1.68 because that of that Ho rejected and Ha accepted. Therefore, song media needs to be provided to improve the ability to write poetry students in SMA Negeri 1 Tanjung Morawa to improve learning outcomes, especially the result of the ability to write poetry by using media songs.

 

Keywords: Song Media, Writing Poetry Ability

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharismi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharismi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2007. Media Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Barus. 2010. Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta : Erlangga

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Handayani, Ratih Kanthi. 2011. Pengaruh Media Pembelajaran Lagu terhadap Kemampuan Menulis Puisi Ditunjau dari Pemahaman Bahasa Figuratif Siswa Kelas 10 SMA N 1 Gemolong,Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skrispi, FKIP USM.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Jakarta : Nusa Indah

Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.

Kurniandra, TriRatna. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 3 Limbangan denga Teknik Latihan Terbimbing Melalui Media Lagu. Skripsi. Jakarta : sarjana . Unes.

Mursini. 2010. Bimbingan Apresiasi Sastra Anak-anak Medan: USU Press.

Napitupulu. 2007. Puisi Teori Apresiasi dan Sastra. I Ende Flores : Nusa Indah

Pradopo. 1990. Pengajaran Apresiasi Puisi. Jakarta : P3G

_______. 2002. Pengajaran Apresiasi Puisi. Jakarta : P3G

Roekhan, Dkk. 1991. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta : Graha Ilmu

Subrata. 2001. Konsep dan Makna Pembelajaran Unsur-unsur. Bandung

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung ; ALFABETA

_______. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung ; ALFABETA

Suhadi. “Peningkatan Dalam Keterampilan Menulis Puisi Melalui Teknik Akrostik Dengan Media Lagu”. Dalam Jurnal Suhadi 5. (1).6-7

Sukardi. 2003.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sutisna, Rosi Nofaludin. Kemahiran Menulis Puisi dengan Media Lagu. Skripsi. Tanjung Pinang : Pascasarjana. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Tarigan, Morsey. 1976. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wadi, Rama. 2013. Hubungan Kebiasaan Menyimak Lagu Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen. Skripsi. Medan: Pascasarjana Unimed

Waluyo, Herman. J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Widijanto, Tjahjono. 2007. Pengajaran Sastra Yang Menyenangkan. Bandung: PT.Pribumi Mekar.

Wiyanto, Asul. 2008. Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Wulandari, Intan Febriani.2011. Pengaruh Media Ilustrasi Musik terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Tahun Pelajaran 2010/2011. UIN




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.