Peningkatan Keterampilan Membaca melalui Model Pembelajaran Deep Learning di Sekolah Dasar Negeri 101103 Tolang Jae
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, R., Mulyanti, E., & Nurahma, S. S. (2025). Analisis dampak pendekatan deep learning terhadap peningkatan kedisiplinan siswa sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 180–191. https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i1.1606 journals.eduped.org+1
Azzahra, Y., & Jaya, C. A. (2025). Pendekatan deep learning: Transformasi mindful, meaningful, dan joyful dalam pembelajaran holistik. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 5(3). https://doi.org/10.47467/edu.v5i3.9245
Barokah, N., & Mahmudah, U. (2025). Transformasi pembelajaran matematika SD melalui deep learning: Strategi untuk meningkatkan motivasi dan prestasi. Bilangan: Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521
Deng, J., Huang, X., & Ren, X. (2024). A multidimensional analysis of self-esteem and individualism: A deep learning-based model for predicting elementary school students’ academic performance. Measurement: Sensors, 33, 101147. https://doi.org/10.1016/j.measen.2024.101147
Diputera, A. M., Zulpan, & Eza, G. N. (2024). Memahami konsep pendekatan deep learning dalam pembelajaran anak usia dini yang meaningful, mindful, dan joyful: Kajian melalui filsafat pendidikan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 10(2), 108–120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.65978
Epik, Y., Elihami, E., & Setiawan, D. (2025). Peningkatan kemampuan literasi melalui pembelajaran deep learning pada siswa kelas IV UPT SDN 8 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 421–431. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.1.2025.5620
Herliani, Y. (2025). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual berbasis deep learning untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK Profita Kota Bandung dalam menganalisis teks negosiasi. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 273–282. https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.2310
Khotimah, D. K., & Abdan, M. R. (2025). Analisis pendekatan deep learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI di SMKN Pringkuku. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(2), 866–879. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1466
Latif, E. Y., Idrus, R., & Perdana, C. A. (2025). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran berbasis deep learning pada siswa kelas IV SD Negeri 103 Kalosi. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 73–84. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.1.2025.5444
Maulidya, S. R., Insani, S. U., & Zulfah. (2025). Deep learning untuk mendukung pemahaman mendalam dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 4(1), 1274–1278. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1729
Nurlailah, N., & Julkifli, J. (2025). Strategi pembelajaran deep learning dalam mengembangkan karakter bernalar kritis berbasis profil pelajar Pancasila pada siswa kelas V SDN 1 Dompu. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 6(2), 273–278. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.2120
Putri, Y., Nurhuda, A., & Huda, A. A. S. (2023). Konsep dasar penelitian tindakan kelas: Sebuah pengantar dalam metode penelitian pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 9–16. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.119
Siregar, F. D., Adrianto, I., Siagian, Y. A., Azizi, M. F., & Siregar, B. H. (2025). Pengaruh pendekatan deep learning berbantuan media PPT interaktif berbasis GeoGebra terhadap hasil belajar trigonometri siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 9(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/jrpms.092.10
Suwandi, Putri, R., & Sulastri. (2024). Inovasi pendidikan dengan menggunakan model deep learning di Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Politik, 2(2), 69–77. https://doi.org/10.61476/186hvh28
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Warman, E., Sajidin, Setiawan, R., Gifary, A., Warta, W., Mulyanto, A., & Hanafiah. (2025). Pendekatan deep learning pada pembelajaran di Sekolah Dasar Gekbrong 1 Cianjur. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 4(1), 1521–1528. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1773
Yosintha, R., Yunianti, S. S., & Arochman, T. (2023). Literacy Cloud: Integrasi teknologi dalam proses pembelajaran bahasa bagi digital natives. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.31002/abdipraja.v4i1.7369
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.12235
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



