Pemanfaatan Media Podcast sebagai Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Medan Tahun Pelajaran 2024–2025
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asmarida, D. P., Harahap, E. P., & Priyanto, P. (2023). Podcast sebagai alternatif media pembelajaran studi terapan pada materi teks berita di kelas VIII A SMP Nasional Sariputra Kota Jambi. Lintang Aksara, 4(1), 41–49. https://doi.org/10.22437/jla.v4i1.46426
Dwijayanti, N. S., & Werdiningsih, D. (2023). Keefektifan aplikasi podcast Spotify dalam pembelajaran keterampilan menyimak pada siswa kelas X SMA PGRI Larangan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11760
Farhan, M. (2022). Penggunaan podcast sebagai media pembelajaran sastra Indonesia. Estetika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 64–71. https://doi.org/10.36379/estetika.v3i2.201
Fatihah, H., Waluyati, S. A., & Mariyani. (2023). Podcast sebagai media pembelajaran era digital di perguruan tinggi. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn, 10(1), 87–95. https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.20441
Ilana, V. R., Hidayat, E., & Mardasari, O. R. (2021). Pengembangan media podcast untuk keterampilan menyimak mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p151-161
Jati, R. P. (2021). Podcasting as an alternative method of social research. MEDIASI, 2(3), 241–252. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i3.391
Kurniasari, S., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Pengaruh podcast sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 146–154. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2763
Laiya, R. E., Khasanah, U., Sulistiani, I., Sudrajat, D., & Miswan, M. (2022). Podcast-mediated students learning English in the second grade of senior high school. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(2), 1011–1024. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i2.3749
Maulina, A. R., & Supriana, E. (2024). Penerapan podcast sebagai media pembelajaran seni musik tingkat sekolah dasar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 225–230. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p225-230
Mayangsari, D., & Tiara, D. R. (2019). Podcast sebagai media pembelajaran di era milenial. Jurnal Golden Age, 3(2), 126–134. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1720
Muliatik, S. (2025). Pengaruh media pembelajaran berbasis podcast terhadap keterampilan berbicara pada siswa MTs Islamiyah GUPPI. Hibrul Ulama, 7(1), 178–184. https://doi.org/10.47662/hibrululama.v7i1.1050
Patricia, N., Ramly, & Fitri, S. (2024). Keterampilan menyimak dengan menggunakan media podcast siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Makassar. Indonesian Language Teaching & Literature Journal, 2(1), 70–77. https://doi.org/10.59562/iltlj.v2i1.1861
Putri, Y. E., Pratiwi, W. D., & Nurhasanah, E. (2021). Penerapan media podcast terhadap menyimak puisi dalam pembelajaran daring siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2371–2379. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.858
Rahman, A., & Azwan, A. (2022). Pelatihan penggunaan podcast dan audiobook untuk meningkatkan kemampuan berbicara peserta kursus di LKP-MEC Namlea. KACANEGARA: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v5i1.963
Sianturi, H., Harahap, S. H., & Sidabutar, H. (2024). Pemanfaatan teknologi dengan media podcast dalam pembelajaran era modern. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 288–291. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1739
Subhayni, S., Sa’adiah, S., & Armia, A. (2017). Keterampilan berbicara. Syiah Kuala University Press. https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.276
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh penggunaan podcast dan motivasi belajar terhadap keterampilan berbicara pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832
Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of Scientific Communication (JSC), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v10i1.12237
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id



