PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONSENT MINDMAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI KOTA SUKABUMI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Siti Nurdianti Nurdianti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor rendahnya daya imajinasi siswa sehingga sulit siswa sulit menuangkan ide, pikiran atauppun gagasannya secara tertulis dalam menulis teks berita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran secara objektif tentang ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran consent mindmap. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa dengan teknik penentuan sampel simple random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah tes dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa saat pelaksanaan pretest sebesar 1439.6 dengan rata-rata 47.9, sedangkan setelah pelaksanaan posttest sebesar 2350.3 dengan rata-rata 78.3. Hasil ini menunjukkan, adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan dalam pengujian statistik dengan uji-t terhadap nilai pretest dan posttets siswa diperoleh hasil bahwa jumlah thitung sebesar 18.96 dan ttabel sebesar 2.045, berati bahwa jumlah thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa pemggunaan model pembelajaran consent mindmap berpengaruh terhadap kemampuan menulis siswa teks berita.

Kata Kunci: Kemampuan Menulis Teks Berita, Model Pembalajaran Consent Mindmap.


References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Romli, Asep Syamsul. (2009). Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.