ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI

Riska Riska

Abstract


Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah diuraikan pada pembahasan, dapat diambil simpulan yaitu: pertama, karakteristik pembagian kelompok secara heterogen tercantum pada RPP bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 3 Kota Sukabumi, yaitu terdapat pada materi hikayat KD 3.7. Pada RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi karakteristik pembagian kelompok secara heterogen tidak tercantum di langkah-langkah pembelajaran. Kedua karakteristik tanggung jawab individu terhadap individu tercantum pada RPP bahasa indonesia kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi yaitu pada semua materi bahasa Indonesia, kecuali teks biografi KD 3.14. Pada RPP bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi tercantum karakteristik tanggung jawab individu terhadap individu yaitu terdapat pada semua materi atau KD. Ketiga, karakteristik rekognisi tim pada RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi tercantum pada dua materi yaitu debat KD 3.12 dan LHO KD 3.1. Kemudian, pada RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi karakteristik rekognisi tim tercantum di langkah-langkah pembelajaran yaitu terdapat pada semua materi atau KD.


References


Mastur. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.4. (1).50-64.

Aruan, Mei Anggriani dan Fitriani Lubis. (2017). “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia Sma Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Jurnal Basatra: Bahasa dan Sastra Indonesia. 6, (2), 80-92.

Slavin, Robert. E. (2011). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wikanengsih, dkk. 2015. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Ilmiah P2M TKIP Siliwangi. Vol. 2, (1), 106-119.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.