Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019

Ujang Ahmad Faturohman

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII F yang berjumlah 40 siswa. Peneliti tertarik mengambil judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Sosiodrama Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi Tahun Pelajaran 2018/2019”. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan menulis teks prosedur sebelum dan setelah menggunakan metode sosiodrama, dan mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh ketika pretest dengan nilai rata-rata siswa yaitu 71.21 sedangkan nilai rata-rata posttest 83. Hal tersebut mengalami peningkatan setelah peneliti menggunakan metode sosiodrama. Hasil perhitungan masing-masing tes dilakukan dengan menggunakan uji-t dan disignifikasikan terhadap pretest dan posttest sehingga diperoleh hasil bahwa thitung (7.10)  ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang terjadi antara pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Sukabumi.


References


Budiarto, Eko. (2004). Metodelogi Penelitian Kedokteran: Sebuah pengantar. Jakarta: Perpustakaan Nasional.

Dadang, Asep dan Dian Anggraeni. (2008). Be Smart Bahasa Inggris untuk Kelas IX SMP/MTS. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Retnani, Zulfaeda. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Sosiodrama terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Kelas VIII SMPN 2 Magelang Tahun Ajaran 2012/2013. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA Prenada Media Group.

Wibowo, Ari Rinto. (2013). Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Maharotul Kalam Pada Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI YAPPI Baleharjo Wonosari Tahun Pelajaran 2012/2013. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Wicaksono, Andri. (2014). Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajaran. Lampung: Garudhawaca.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.