PENGARUH METODE TTS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII TINGKAT MATHAYOM SANAWI DI ATTAWFIKIAH ISLAMIAH SCHOOL NARATHIWAT THAILAND SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode TTS terhadap kemampuan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 tingkat Mathayom Sanawi di Attawfikiah Islamiah School Narathiwat Thailand Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pembelajar asing kelas 8.2 sejumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Desain” dengan pola sebelum dan sesudah diberikan suatu treatment/perlakuan yang menggunakan metode TTS. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes, setelah data terkumpul, lalu dilakukan analisis kuantitatif melalui uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan hasil prates dan pascates, setelah diberikan suatu perlakuan dalam proses belajar untuk peserta didik penutur asing mengalami perubahan dengan nilai rata-rata prates 60,86 dan nilai rata-rata pascates 79,82. Diketahui harga thitung yaitu 1,185. Harga thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) N-1 atau 23 – 1 = 22 dengan taraf signifikansi 0,05 maka harga ttabel 1,717. Hasil tersebut menunjukan bahwa harga thitung lebih kecil daripada ttabel karena thitung berjumlah 1,185 dan ttabel berjumlah 1,717. Bila thitung lebih kecil daripada ttabel maka hasilnya dinyatakan tidak signifikan. Sehingga dapat disimpulkan dalam menggunakan metode TTS tidak berpengaruh dalam kemampuan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik penutur asing kelas 8.2 tingkat Mathayom Sanawi di Attawfikian Islamiah School Narathiwat Thailand Selatan.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwasilah. A. Chaedar an Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis; Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku
Fathurrohman, P dan S. Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.
Kuntojojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.
Kusmiatun, A. 2016. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.
Munawaroh. 2012. Panduan Memahami Metode Penelitian. Jombang: Intimedia.
Mursilah. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1(37-47). ISSN: 2549-1377.
Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Ngelu, M.S. 2015. Eksistensi Bahasa Indonesia di Mata Dunia pada Era MEA. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. ISSN 2477-636X
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1330
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id