PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA FANTASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X-2 TINGKAT MATHAYOM DI SEUKSASART ISLAM SCHOOL THAILAND SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019

tiara ashshiddiqie

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berupa Adobe Flash, terhadap kemampuan peserta didik di sekolah Seuksasart Islam Thailand Selatan, dalam menulis cerita fantasi. Adapun aspek-aspek yang dinilai dari tulisan para peserta didik meliputi isi, organisasi dan penulisannya. Subjek yang diambil dalam penelitian ini hanya terdiri dari satu kelas saja yaitu kelas X-2. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian terdiri dari tes, dokumentasi dan lembar observasi. Berdasarkan pada hasil analisis data yang telah dilakukan,  dapat diketahui bahwa, kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas X-2 di sekolah Seuksasart Islam School tidaklah terlalu bagus, jika melihat kepada hasil pretest mereka. Hanya beberapa siswa saja yang mampu mendapatkan nilai lebih dari 7. Setelah itu diberikanlah treatment berupa pembelajaran dengan media pembelajaran interaktif, dan kemudian kemampuan menulis mereka diuji  kembali. Dapat terlihat adanya peningkatan nilai pada hasil posttest mereka. Namun meskipun mengalami peningkatan, nilai yang didapatkan masih belum memuaskan. Setelah diuji signifikansinya, dapat diketahui bawa peningkatan tersebut tidaklah signifikan. Jadi bisa disimpulkan bahwa media itu tidak cukup berpengaruh. Peningkatan yang paling banyak terjadi yaitu terletak pada aspek pemilihan judul, penyisipan amanat dan unsur-unsur cerita fantasi. Sementara pada bagian struktur dan penulisan tampaknya tidak banyak peningkatan yang terjadi.


References


Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. (2002) Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers

Rizal, dkk. (2015). Media Pembelajaran: Panduan Membuat Presentasi Menarik untuk Mahasiswa, Guru, dan Dosen. Bekasi: CV. Nurani

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.1332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.