EKSISTENSI BAHASA INDONESIA PADA GENERASI MILENIAL DI ERA INDUSTRI 4.0

Desy Arisandy, Dekha Prima Rizkika, Tri Disa Astika

Abstract


Abstrak. Artikel ini mendeskripsikan eksistensi bahasa Indonesia pada generasi milenial di era industri 4.0. Bahasa merupakan suatu alat yang digunakan untuk berkomunikasi pada manusia dan dari bahasa itulah kita dapat pemahaman apa yang sedang kita bicarakan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh masyarakat yang mendiami suatu wilayah, yaitu wilayah Indonesia.Sementara itu, era milenial yang ditandai dengan jangkauan informasi yang sangat luas membuat seseorang mudah berinteraksi baik itu di dalam negeri maupun luar negeri. Adanya perkembangan era milenial tidak terlepas dari kata eksistensi bahasa, generasi milenial  dan dorongan revolusi industri 4.0 yang membuat kita semakin bersaing di kancah Internasional dan dapat memberikan keuntungan dalam meningkatkan taraf kehidupan suatu negara. Adanya kemajuan ini terlihat di bidang industri yang mengubah cara kerja / pandangan manusia dengan otomatis / digital melalui inovasi-inovasi yang dimiliki dan mampu berkembang pesat.

Kata Kunci :bahasa Indonesia, generasi milenial,Revolusi Industri 4.0

Abstract. This article describes the existence of Indonesian in the millennial generation in the industrial era 4.0. Languages that represent tools used to communicate with humans and from languages we can understand what we are talking about. Indonesian is a language used by people who inhabit an area, namely the territory of Indonesia. Meanwhile, the millennial era, which was marked by extensive information, made all facilities both domestic and foreign. The development of the millennial era is inseparable from the words of the existence of language, generation and industrial revolution 4.0 that make us more competitive in the international arena and can provide benefits in improving the standard of living of each country. The existence of this progress is seen in the field of industry that changes the way of working / changing people automatically / digitally through innovations developed and able to develop rapidly.

 

Keywords: Indonesian, millennial generation, Industrial Revolution 4.0


Full Text:

PDF

References


Al Walidah, I. (2018). Tabayyun Di Era Generasi Millenial.Jurnal Living Hadis, 2(2), 321.

Ardani, I. (2013). Eksistensi Dukun Dalam Era Dokter Spesialis.Jurnal Lakon, 1(2), 148.

Assapari, M. M. (2014). Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Dan Perkembangannya Di Era Globalisasi.PRASI, Vol. 9, No. 18, Hal. 31.

Devianty, R. (2017).Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No. 2, Hal 5

Ekawati, D. (2017). Eksistensialisme. Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan, Vol. 12, No. 01, Hal. 141.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku Generasi Milenial Dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. JURNAL MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN, Vol. 6, No. 2, Hal. 240

Marsudi, M. (2008).Eksistensi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan.Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 1, No. 2, Hal. 176.

Murti, S. (2015).Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia Di Era Global.In Dalam Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, Hal. 177.

Putri, N. P. (2017). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Millennial.Widyabastra: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol. 05, No. 1, Hal. 2.

Prasasti, R. (2016). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Unswagati.LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 1

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental.JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri,Vol. 1, No. 2, Hal. 2.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.1370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.