PENGARUH MEDIA FILM PENDEK BERJUDUL INILAH AKU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V-2 TINGKAT MATHAYOM DI ISLAMIC SANTITHAM FOUNDATION SCHOOL THAILAND SELATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dinna Utami

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film pendek berjudul Inilah Aku terhadap kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V-2 tingkat Mathayom di Islamic Santitham Foundation School. Adapun pengaruh media film tersebut di antaranya mengetahui kemampuan menulis narasi sebelum menggunakan media film pendek, kemampuan menulis narasi sesudah menggunakan media film pendek, dan pengaruh media film pendek terhadap kemampuan menulis siswa.. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain one grup pretest posttest. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V-2 yang berjumlah 31 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik random sampling. Desain yang digunakan one grup pretest posttest, dengan alur melakukan pengujian perlakuan sebelum dan sesudah menggunakan media film pendek berjudul Inilah Aku. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, setelah data tes terkumpul maka dilakukan analisis kuantitatif melalui uji hipotesis. Berdasarkan penghitungan data hasil pretest dan posttest, setelah diberi perlakuan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas V-2 yang merupakan penutur asing mengalami perubahan. Pada kegiatan pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 49,677, sedangkan pada kegiatan posttest siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,129. Hal ini dibutikan dari penghitungan statistik, diketahui harga thitung 0,0682 dikonsultasikan dengan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) N-1 atau 31-1=30 dengan taraf signifikansi 0,05. Maka harga ttabel 1,697 yang menunjukkan bahwa harga thitung lebih kecil daripada ttabel, karena thitung berjumlah 0,0682 dan ttabel berjumlah 1,697. Apabila thitung lebih kecil daripada ttabel maka hasilnya tidak signifikan. Berdasarkan hasil penghitungan uji-t dapat dinyatakan bahwa  penggunaan media film pendek berjudul Inilah Aku terhadap kemampuan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas V-2 tingkat Mathayom di Islamic Santitham Foundation School tidak berpengaruh.


References


Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tingga Direktorat Ketenagaan.

Abdulhalk, Ishak dan Deni Darmawan. 2017. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2008. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: AKAPRES.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penelitian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda. Bandung: PT Rosdakarya Offset Bandung

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, dan Kustiawan, U. 2001. Media Pembelajaran: Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengjar. Malang: FIP UM.

Keraf, Gorys. 2010. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Kunardi, Hardjoprawiro. 2005. Pembinaan Pemakaian Bahasa Indonesia. Surakarta: UPT MKU UNS dan UNS Press.

Rohmadi, Muhammad, dkk. 2008. Teori dan Aplikasi Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Surakarta: UNS Press.

Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiharsono, Rudi dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.

Suparno. 2004. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Utama Rizal, Setria, dkk. 2015. Media Pembelajaran. Bekasi: CV. Nurani.

Wahyudi, dkk. 2017. Bahasa Indonesia Kesehatan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta : Garudhawacana.

Wicaksono, Andri dan Fahrurozi. 2016. Sekilas Tentang Bahasa Indonesia Catatan Mengenai Kebijakan Bahasa, Kaidah Ejaan, Pembelajaran Sastra, Penerjemahan, dan BIPA. Yogyakarta: Garudhawacana.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.1372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.