ANALISIS KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) GURU BAHASA INDONESIA KELAS X DI SMA NEGERI SE-KOTA SUKABUMI

Riska Riska

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pembelajaran kooperatif dalam RPP guru bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri se-Kota Sukabumi. Adapun karakteristik tersebut yaitu pembagian kelompok berdasarkan tingkatan prestasi (heterogen), tanggung jawab individu terhadap individu, dan rekognisi tim atau penghargaan terhadap tim. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain ex post facto. Subjek dalam penelitian adalah RPP yang dimiliki oleh guru bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri se-Kota Sukabumi. Objek dalam penelitian yaitu karakteristik pembelajaran kooperatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan karakteristik pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa dalam RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 3 Kota Sukabumi yang mencantumkan karakteristik pembelajaran kooperatif secara lengkap terdapat pada meteri hikayat KD 3.7. Di dalam beberapa materi, karakteristik tersebut tidak seluruhnya dicantumkan, yaitu pada materi LHO, eksposisi, anekdot, negosiasi, debat, biografi dan puisi. Karakteristik pembelajaran kooperatif di SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi memiliki hasil yang sama, yaitu tercantum dua karakteristik pembelajaran pada semua materi atau KD yakni tanggung jawab individu terhadap individu dan rekognisi tim. Adapun karakteristik yang tidak dicantumkan pada semua materi di RPP bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 4 Kota Sukabumi dan SMA Negeri 2 Kota Sukabumi yaitu pembagian kelompok berdasarkan tingkatan prestasi (heterogen).

 

Kata kunci: pembelajaran, RPP, guru, kooperatif, karakteristik.


References


Lubis. (2017). Analisis Renaca Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017”. Jurnal Basatra: Bahasa dan Sastra Indonesia.6, (2), 80-92

Mastur. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Pembelajaran di SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.4. (1).50-64.

Slavin, Robert. E. (2011). Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wikanengsih, dkk. 2015. “Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Ilmiah P2M TKIP Siliwangi. Vol. 2, (1), 106-119.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.1374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.