PENGARUH FORMASI TEMPAT DUDUK BERBENTUK “U” TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA KELAS XII IPS 1 DI SEKOLAH MADRASAH ALIYAH AL-ISTIQOMAH KOTA SUKABUMI

Risman Wildan

Abstract


Abstrak. Menyimak berita merupakan kegiatan yang harus dikuasai setiap siswa di kelas XII karena akan sangat penting bagi kemampuannya jikalau mereka sudah masuk di dunia kerja. Menyimak berita membutuhkan beberapa kemampuan yang harus dimiliki siswa karena di dalam berita terdapat beberapa unsur-unsur pembentuk yang harus diketahui dan dicermati. Unsur-unsur pembentuk teks berita adalah Siapa, Apa, Dimana, Kapan, Kenapa dan Bagaimana. Salah satu yang bisa dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia adalah menyiasati dengan mengubah formasi tempat duduk yang semula konvensional menjadi formasi tempat duduk berbentuk “U”. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa keunggulan dari formasi tempat duduk berbentuk “U” tersebut. Berdasarkan hasil penelitian di kelas, terdapat perbedaan dari hasil pretest sebelum dirubah dan nilai hasil postest sesudah menggunakan formasi tempat duduk berbentuk “U”. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Al-istiqomah Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena perbedaan nilai antara pretest dan postest diukur menggunakan angka-angka.

Kata Kunci: Menyimak, Teks berita, Formasi Tempat Duduk Berbentuk “U”

Abstract. Listening to the news is an activity that must be mastered by every student in class XII because it will be very important for its ability if they have entered the work. Listening to the news requires some abilities that students must have because inside the news there are several forming elements that must be known and observed. The elements of the news text are Who, What, Where, When, Why and How. One of the things that can be done by Indonesian language teachers is to get around sitting formation by changing the seating formation from conventional into a "U" shaped seating formation. Based on the results of the study, there are several advantages of the "U" shaped seating formation. Based on the results of the research in the class, there are differences from the results of the pretest before being changed and the value of the posttest results after using a "U" shaped seating formation. This research was conducted at the Al-Istiqomah Islamic Senior High School in Sukabumi.. This study uses quantitative research methods because the difference in values between pretest and posttest is measuredby using numbers.

Keywords: Listening, The news, “U” shaped seating formation

Full Text:

PDF

References


,I. H. 2013. Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Kemampuan Mendesain PosisiDudukdan Peningakatan Prestasi Siswa. Diakses dari http://www.diyanika.com/2013/05/pengaruh-profesionalitas-guru- terhadap.htmlpada18 April2019 Pukul 20.52 WIB.17 hlm.

Anam, K. 2016. Pembelajaran Berbasis InkuiriMetode dan Aplikasi.PustakaPelajar. Yogyakarta. 210hlm.

Arikuno, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta

Asmadi, Alsa. 2006. Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Kombinasinya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Djuraid. 2009. Panduan Menulis Berita. UMM Press.

Muijs, D. dan Reynolds,D. 2008. EffectiveTeaching. PustakaPelajar.Yogyakarta.472 hlm.

Muttaqin, Zainal. 2015. Psikologi Anak & Pendidikan. Bandung. Bukupedia.

Rohani, A. 2010.PengelolaanPembelajaran. RinekaCipta. Jakarta.280hlm.

Sadili, Syamsudin. 2017. Manejemen Sumber Daya Manusia. Bandung. CV Pustaka Setia.

Saifuddin. 2014.PengelolaanPembelajaran Teoritisdan Praktis. Deepublish.Yogyakarta.186 hlm.

Sudrajat, A. 2008. Penataan Tempat DudukSiswasebagai Bentuk Pengelolaan Kelas. Diakses dari http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/28/penataan-tempat-duduk- siswa-sebagai-bentuk-pengelolaan-kelas/pada18April 2019 Pukul23.32 WIB.8 hlm.

Suhandang, Kustadi. 2010. Pengantar Jurnalistik Seputar Organisasi, Produk & Kode Etik. Bandung. Nuansa.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian; Lengkap, Praktis Dan Mudah Difahami. Pustaka Baru Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Penerbit Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.