PENGARUH METODE TTS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII TINGKAT MATHAYOM SANAWI DI ATTAWFIKIAH ISLAMIAH SCHOOL NARATHIWAT THAILAND SELATAN

Neng Desti Siti Nurhidayah, Hera Wahdah Humaira, Deden Ahmad Supendi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode TTS terhadap kemampuan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 8 tingkat Mathayom Sanawi di Attawfikiah Islamiah School Narathiwat Thailand Selatan . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pembelajar asing kelas 8.2 sejumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain “One Group Pretest-Posttest Desain” dengan pola sebelum dan sesudah diberikan suatu treatment/perlakuan yang menggunakan metode TTS. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan tes, setelah data terkumpul, lalu dilakukan analisis kuantitatif melalui uji hipotesis. Berdasarkan perhitungan hasil prates dan pascates, setelah diberikan suatu perlakuan dalam proses belajar untuk peserta didik penutur asing mengalami perubahan dengan nilai rata-rata prates 60,86 dan nilai rata-rata pascates 79,82. Diketahui harga thitung yaitu 1,185. Harga thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) N-1 atau 23 – 1 = 22 dengan taraf signifikansi 0,05 maka harga ttabel 1,717. Hasil tersebut menunjukan bahwa harga thitung lebih kecil daripada ttabel karena thitung berjumlah 1,185 dan ttabel berjumlah 1,717. Bila thitung lebih kecil daripada ttabel maka hasilnya dinyatakan tidak signifikan. Sehingga dapat disimpulkan dalam menggunakan metode TTS tidak berpengaruh dalam kemampuan menulis teks deskripsi dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk peserta didik penutur asing kelas 8.2 tingkat Mathayom Sanawi di Attawfikian Islamiah School Narathiwat Thailand Selatan.

Kata kunci : Metode Teka-teki Silang (TTS), Kemampuan Menulis Teks   

                      Deskripsi.

Abstract. This study aims to examine the effect of the TTS method on the ability to write description text in 8th grade Indonesian language learning at Mathayom Sanawi level at Attawfikiah Islamiah School Narathiwat, Southern Thailand, 2018/2019 Academic Year. This research is quantitative research. The subjects in this study were students of foreign learning class 8.2 of 23 students. The sampling technique is by using random sampling techniques. This study uses the design of "One Group Pretest-Posttest Design" with a pattern before and after being given a treatment / treatment using the TTS method. In data collection researchers used a test, after the data was collected, then carried out quantitative analysis through hypothesis testing. Based on the calculation of pre-test and post-test results, after being given a treatment in the learning process for foreign speakers students experienced changes with an average score of 60.86 and the average score post-test 79.82. It is known that the price of tcount is 1.185. The price of the tcount is consulted with a table with degrees of freedom (dk) N-1 or 23-1 = 22 with a significance level of 0.05 then the price of ttable 1.717. These results indicate that the price of tcount is smaller than t table because tcount is 1.185 and t table is 1.717. If tcount is smaller than ttable, the result is not significant. So that it can be concluded that using the TTS method has no effect on the ability to write description text for students of the 8.2-level class of Mathayom Sanawi in Attawfikian Islamiah School Narathiwat, Southern Thailand.

Keywords: Crossword Method (TTS), Ability to Write Text Description

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Alwasilah. A. Chaedar an Suzanna Alwasilah. 2005. Pokoknya Menulis; Cara Baru Menulis Dengan Metode Kolaborasi. Bandung: PT Kiblat Buku.

Fathurrohman, P dan S. Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Kuntojojo. 2009. Metodologi Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI.

Kusmiatun, A. 2016. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.

Munawaroh. 2012. Panduan Memahami Metode Penelitian. Jombang: Intimedia.

Mursilah. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas XII SMK Nurul Huda Sukaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 1(37-47). ISSN: 2549-1377.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Ngelu, M.S. 2015. Eksistensi Bahasa Indonesia di Mata Dunia pada Era MEA. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. ISSN 2477-636X

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.