PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN BERBASIS STRATEGI THINK-TALK-WRITE

Agnes Apryliana, Hany Uswatun Nisa

Abstract


Abstrak. Pada kurikulum 13 khusus untuk siswa SMA kelas X salah satu materi yang diajarkan adalah menulis karangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis karangan berbasis strategi Think-Talk-Write(TTW) dan perbedaan keefektifan pembelajaran menulis karangan menggunakan modul menulis karangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D.Berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar khusus dalam pembelajaran menulis karangan. Oleh karena itu, strategi TTW dipilih sebagai strategi yang digunakan untuk mengembangkan bahan ajar.Hasil uji keefektifan dihasilkan skor t sebesar 28,273 dan 27,288. Hal tersebut membuktikan adanya keefektifan dalam penggunaan modul berbasis strategi TTW.

Kata Kunci: Modul, Strategi TTW, Modul Menulis

Abstract. The curriculum 13 for high school students in class X of the material taught is writing essays. The study aims to determine the development of moduls that can be used in writing essay learning based on think-talk-write strategies and the differences in the effectiveness of learning writing essays using the module. The research use the R&D approach. Based on the results of the analysis of the needs students and teachers it can be concluded the students need special teaching materials in learning to write essays. Therefore the TTW strategy was chosen as a strategy used to develop teaching materials. The result of the effectiveness test a t score of 28, 273 and 27, 288. This proves the existence of effectiveness in using TTW astrategy based moduls.

Keywords: Modul, TTW, Writing

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Brown, H.D. (2001). Teaching by principles an interactive approach to language pedagogy(2nd ed). New York: Longman.

Hyland, Ken. (2004). Second language writing. Cambridge: Cambridge University Press.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Atas. Diambil pada tanggal 14 Maret 2015 dari http://kemendikbud.go.id.

Kern, Richard. (2014). Literacy and Language Teaching. New York: Oxford University Press.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mertens, Nathan L. (2010). WritingProcesses, Tools and Techniques. New York: Nova Science Publishers Inc.

Moore-Hart, Margaret A. (2010). Teaching writing in diverse classrooms, k-8: Enhancing writing through literature, real-life experiences, and technology. Boston: Pearson Education Inc.

Mourssi, Anwar. (2013). Theoretical and practical linguistic shifting from product/guided writing to process writing and recently to the innovated writing process approach in teaching writing for second/foreign language learners. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 3, 731-738.

Muhaimin. 2008. Modul Wawasan Pengembangan Bahan Ajar Bab V. Malang: LKP2-1.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian & Pengembangan: Untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: ALFABETA.

Widodo, Chomsin S & Jasmadi. 2008. Panduan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gramedia.

Widodo, Handoyo Puji. (2008). Designing a genre-based lesson plan for an academic writing course. Diakses pada 21 Februari 2019 di www.enghlisteachingjournal.edu




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.