PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP/MTs SE-KECAMATAN NAMLEA KABUPATEN BURU

Mr. Musyawir, Rosita Mangesa

Abstract


Abstrak. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  penggunaan  model active  learning teknik jigsaw terhadap   keterampilan   berbicara efektif siswa kelas VII SMP/MTs se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Penelitian ini merupakan  penelitian quasi experiment, dengan  variabel terikat keterampilan  berbicara siswa, serta variabel bebas model active learning teknik jigsaw. Desain penelitiannya  yaitu nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP/MTs se-Kecamatan Namlea Kabupaten Buru.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Data  dikumpulkan  menggunakan  lembar  observasi  dan  lembar  penilaian  unjuk  kerja.  Teknik  analisis  data  yang digunakan adalah analisis statistik uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model active learning teknik jigsaw lebih berpengaruh terhadap  keterampilan berbicara siswa dibandingkan  metode  konvensional. Hal tersebut berdasarkan  hasil  analisis  uji-t  perubahan  keterampilan  berbicara  kedua  kelompok,  diperoleh  nilai  Sig  sebesar 0,000  menyatakan  <  0,05  maka  dapat  disimpulkan  bahwa  Ho  ditolak  dan  Ha  diterima, yang  artinya  terdapat pengaruh penggunaan model active learning teknik jigsaw terhadap keterampilan berbicara siswa. 

Kata kunci: model active learning teknik jigsaw, keterampilan berbicara

Abstract. This study aims to determine the effect of the use of active learning models of jigsaw techniques on effective speaking skills of class VII students of SMP / MTs in Namlea District, Buru Regency. This research is a quasi-experimental study, with the dependent variable students' speaking skills, as well as the independent variables of the jigsaw technique of active learning models. The research design is nonequivalent control group design. The subjects of this study were Grade VII students of SMP / MTs throughout Namlea District, Buru Regency. Data collection techniques used observation and performance tests. Data were collected using observation sheets and performance evaluation sheets. The data analysis technique used is the t-test statistical analysis. The results showed that the active learning model of jigsaw technique had more influence on students' speaking skills compared to conventional methods. This is based on the results of the t-test analysis of changes in speaking skills of the two groups, obtained Sig value of 0,000 stated <0.05, it can be concluded that Ho is rejected and Ha is accepted, which means there is an influence of the use of active learning models of jigsaw techniques on students' speaking skills.

Keywords: active learning model jigsaw technique, speaking skills

Full Text:

PDF

References


Aaro. 2011. Profil perkembangan anak

Penerjemah: Valentino. Jakarta:

Indeks.

Arsyad dan US. 2013. Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa .rev.ed. Bandung: Angkasa.

Abdullah, Ambo Enre. 2014. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan. Ujung Pandang: FIP-IKIP.

Hollingsworth, Pat & Lewis Gina. 2012. Pembelajaran aktif: meningkatkan keasyikan kegiatan di kelas.Penerjemah: Dwi Wulandari. Jakarta: Indeks.

Hurlock, 2012. Perkembangan dan belajar peserta didik. Jakarta:Debdikbud Dirjen Dikti.

Maidar, Mukti. 2013. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Nur Asma. (2014). Model pembelajaran kooperatif. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.

Saleh Abbas. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di SekolahDasar. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat JenderalPendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Sri Hastuti dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia. Yogyakarta: UPP IKIPYogyakarta.

Silberman, Melvin L. (2013). Active learning: 101 cara belajar siswa aktif.Penerjemah: Risul Muttaqien. Bandung: Penerbit Nusamedia.

Supriyadi, dkk. 2013. Materi pokok pendidikan Bahasa Indonesia 2. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga dan Kependidikan Pendidikan Tinggi.

Suharsimi Arikunto. (2012). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Warsono & Hariyanto. (2013). Pembelajaran aktif, teori dan asesmen. Bandung:Remaja Rosdakarya Offset.

Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad. (2013). Belajar dengan pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.