IMPLIMENTASI METODE SISTEM ENGLISH QUARANTINE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS PADA CALON ENTERPRENUER MUDA

Nila Afningsih, Debbi Chyntia Ovami, Dewi Nurmala

Abstract


Abstrak. Bahasa Inggris merupakan suatu  bahasayang wajib dimiliki para generasi muda. Perkembangan dan kemajuan ekonomi dunia memaksa kita untuk terus bangkit membenahi diri termasuk dengan kemampuan dalam berbahasa inggris.  Pada penelitian ini berusaha menyajikan metode Sistem English Quarantine  untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya dibidang ekonomi. Metode ini akan diperlakukan kepada siswa SMA dimana mereka adalah generasi penerus negeri ini yang akan melanjutkan perjuangan bangsa ini di berbagai bidang termasuk dibidang ekonomi. Peng-Implimentasian metode System English Quarantine dalam pembelajaran bahasa inggris bukan saja untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris akan tetapi  tujuan utamanya adalah mempersiapkan generasi muda yang siap saing tingkat nasional maupun Internasional,  sebahai modal tambahan bagi calon Interprenuer muda. Sedangkan tujuan jangka panjangnya adalah : Mengurangi pengangguran Terbuka dengan mempersiapkan generasi muda sebagai calon  Entereprenuer berbakat , handal yang siap tempur di kalangan nasional maupun Internasional. Pada penelitian ini melakukan eksperimen dan survey. Berdasarkan hasil uji F yang dilakukan, diketahui bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.  Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa variabel independen yaitu metode System English Quarantine dan kemampuan berbahasa Inggris berpengaruh cukup signifikan terhadap calon entrepreneur muda pada siswa.

Kata Kunci  : Metode System English Quarantine, Enterprenuer

Abstract. English is a language that must be owned by the younger generation. The development and progress of the world economy forces us to continue to improve ourselves, including the ability to speak English. This research attempts to present the English Quarantine System method to improve language skills, especially in the economic field. This method will be treated to high school students where they are the next generation of this country who will continue the struggle of this nation in various fields including economics. Implementing the English Quarantine System method in learning English is not only to improve English language skills but its main goal is to prepare young people who are ready to compete nationally and internationally, as additional capital for young Interprenuer candidates. While the long-term goal is: Reducing Open unemployment by preparing young people as talented, reliable entrepreneurs who are ready to fight in national and international circles. In this study conducted experiments and surveys. Based on the results of the F test carried out, it is known that the significance level of 0,000 is smaller than 0.05. Based on these results it can be concluded that the independent variables namely the English Quarantine System method and English language ability have a significant effect on prospective young entrepreneurs in students.

Keywords: English Quarantine System Method, Enterprenuer



Full Text:

PDF

References


Afningsih, N. 2015. Penggunaan Istilah-Istilah Bahasa Bidang ILmu Ekonomi Dengan Menerapkan Program English Quarantine . Kultura. 5019

Afningsih, N. 2018.Model Pembelajaran Problem Posing untuk mengatasi kesulitan Belajar Mahasiswa Berbahasa Inggris Bidang Ilmu Ekonomi dalam Mempersiapkan Entreprenuer Handal. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Volume 3 ISSN :2502-9584 Hal : 326-396

Afningsih,N .2018. Aplikasi Model ADDIE Berbasis System English Quarantine Dalam Menciptakan Enterprenuer Handal. Medan

Afningsih, N.2016. Kamus English - Economi . Medan

Erlina. 2011. Metode Penelitian. Medan. USU Press

Ghozali. 2013. Analisis Multivariat Dengan Propgram IBM SPSS 21. Semarang: Universitas Dipenegoro.

Nurseto, T. (2010). Pendidikan Berbasis Enterprenuer. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia

Prof.Dr.Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Saiman, L. 2012. KEWIRAUSAHAAN Teori, Praktik, dan Kasus-Kasus. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.1716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.