PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI DI SMP SE-KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

Victor Hutasoit, Ilda Hutahaean, Ayu Novita Sari Turnip, Sadieli Telaumbanua

Abstract


Abstrak.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil pelaksanaan literasi siswa SMP se-Kabupaten Humbang Hasundutan (5 alokasi sekolah) tahun ajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini dilakukan di SMP Kabupaten Humbang Hasundutan.Subjek penelitian adalah siswa SMP Kabupaten Humbang Hasundutan (5 alokasi sekolah) SMP N 1 Doloksanggul, SMP N 2 Doloksanggul (pusat kota), SMP N 1 Pollung, SMP N 4 Pollung (pemukiman), SMP N 3 Doloksanggul (penengah antarkota),  kepala sekolah, guru, siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Data yang terkumpul kemudian dideskripsikan dan dianalisis berdasarkan hasil pengamatan peneliti dan lima aspek yang terdapat pada butir soal angket yang telah berlangsung yakni: aspek pemanfaatan waktu, aspek ketaatan siswa berliterasi, aspek peran guru, aspek penggunaan perpustakaan, aspek untuk

Kata Kunci: Literasi

Abstract.The purpose of this study is to describe the profile of literacy implementation of Humbang Hasundutan Middle School students (5 school allocations) for the academic year 2019/2020. This type of research is qualitative research with a descriptive approach. This research was conducted at Humbang Hasundutan District Middle School. Subjects were Humbang Hasundutan Middle School students (5 school allocations) Doloksanggul N 1 Middle School, Doloksanggul N 2 Middle School (city center), SMP N 1 Pollung, Middle N 4 Pollung (settlement), Middle N 3 Doloksanggul (intercity mediator), head school, teacher, students’. Data collection techniques using questionnaires, interviews, observation, documentation. Test the validity of the data using triangulation. The collected data is then described and analyzed based on the researchers' observations and the five aspects contained in the questionnaire items that have taken place namely: aspects of time utilization, aspects of student literacy obedience, aspects of the teacher's role, aspects of library use, aspects of student or student literacy Humbang Hasundutan Middle School.

Keywords: Literacy

Full Text:

PDF

References


Sutrianto dkk.2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMA. Jakarta: KementrianPendidikan dan Kebudayaan

Farida, Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta:BumiAksara

Ansyori, H. R. (2016). “Menumbuhkan Minat Baca Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”.http://imadiklus.com/menumbuhkan-minatbaca-sebagai-upaya-meningkatkan-kualitas-sumber-daya-manusia/.Diunduh tanggal 8 September 2016

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda karya.

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, jilid 1,2, UGM, 1986.

Haris Herdiansyah. 2015. Wawancara, Observasi, dan Focus Group: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktik .Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung. 2004




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.1725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.