PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PKN DI SMP BEKASI

Desi Karolina Saragih

Abstract


Abstrak. Tingkat keefektifan pembelajaran disekolah salah satunya ditentukan dan dipengaruhi oleh kemampuan guru menerapkan dan mengelola proses pembelajaran. Guru harus mampu menyajikan apa yang diajarkan secara nyata agar mudah dipahami oleh siswanya. Dengan tingkat perkembangan usia siswa yang selalu bertambah dan tumbuhberkembang maka dibutuhkan media pembelajaran yang tepat.Terutama pada mata pelajaran PKn yang sangat membutuhkan media dalam pengajarannya. Dengan materi yang berhubungan dengan makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan, proses pembelajarannya tidak akan berjalan dengan maksimal apabila materinya hanya dihadapkan dengan apa yang ada dalam buku ajar saja. Dalam pengajaran guru membutuhkan media yang tepat guna mempermudah siswa untuk memahami materi-materi yang ada dalam tiap mata pelajaran tersebut. Untuk itu media gambar merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu kesulitan dan permasalahan pada mata pelajaran PKn ini. Sehingga diharapkan dengan adanya penggunaan media gambar pada mata pelajaran PKn diharapkan dapat membantu, memudahkan serta menarik minat siswa pada mata pelajaran ini. Dikaitkan dengan media gambar solusi atas permasalahan yang dihadapi. Peningkatan kualitas hasil belajar siswa ini terbukti dari peningkatan rata-rata skor pratindakan sebesar 52,50 berkategori kurang, pada siklus I sebesar 66,25 berkategori cukup, dan pada siklus II sebesar 72,50 berkategori cukup, dan pembelajaran dengan media gambar yang dikembangkan ternyata dapat mengubah hasil belajar siswa dari negatif menjadi positif.

Kata Kunci: Media,siswa, hasil,pembelajaran

Abstract. The level of effectiveness of learning in schools is one of which is determined and influenced by the ability of teachers to implement and manage the learning process. The teacher must be able to present what is taught in real so that it is easily understood by students. With the level of development of the age of students who are always growing and developing, it is needed an appropriate learning media. Especially in Civics subjects that really need media in teaching. With material related to living things such as humans, animals and plants, the learning process will not run optimally if the material is only faced with what is in the textbooks. In teaching the teacher needs the right media to make it easier for students to understand the materials in each of these subjects. For that picture media is one of the learning media that can help difficulties and problems in this Civics subject. So that it is expected that the use of image media in Civics subjects is expected to help, facilitate and attract students' interest in this subject. Attributed to the media image solution to the problems faced. Improving the quality of student learning outcomes is evident from the increase in the average pre-action scores of 52.50 categorized as less, in the first cycle of 66.25 categorized as sufficient, and in the second cycle of 72.50 categorized as sufficient, and learning with the image media developed was can change student learning outcomes from negative to positive.

Keywords: Media, students, results, learning

Full Text:

PDF

References


Soekamto, T. dan U. S. Winaputra. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusat Antaruniversitas.

Arsyad, A. 2007.Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindi Persada.

Gie, T. L. 1995.Pengantar Dunia Karang-mengarang. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

_________,Undang-Undang Republik Indonesai Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, B. 2001.Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Nurgiyantoro,B. dan Suyata, P. 2010.Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: UNY Press.

Sadiman, A. S. dkk. 2009.Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2010.Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2010.Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suparno. 2007.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.