HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMA SWASTA UISU MEDAN

Sahri Nova Yoga

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana Hubungan Penggunaan Media Karikatur Terhadap kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Swasta UISU Medan. Sampel penelitian berjumlah 35 orang dari 35 populasi yang ada. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari satu kelas. Pengambilan data diambil dari instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menulisteks anekdot . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre test  post test design. Pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata pre test adalah 67,8 standar deviasi = 7,35. Nilai rata-rata post test adalah76,2, standar deviasi8,40 Dengan demikian kemampuan post test lebih tinggi daripada kemampuan pre test dalam menulis teks anekdot. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 35,80 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi N = 34 maka diperoleh ttabel =1,69. Jadi, thitung35,80 dan ttabel, 1,69 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat hubungan penggunaan media karikatur terhadap kemampuan menulis teks anekdot. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa media karikatur mempunyai hubungan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA swasta UISU Medan.

Kata Kunci: Media Karikatur ,Menulis ,Teks Anekdot

Abstract. This study aims to find out how the relationship of the use of caricature media to the ability to write anecdotal texts in class X students of UISU Medan private high school. The research sample consisted of 35 people from 35 existing populations. The sample is taken from a population consisting of one class. Retrieval of data is taken from the test instrument in the form of an assignment that is writing anecdotes. The method used in this study is an experimental method with one group pre-test post-test design research design. Data processing was obtained with a pre-test mean value of 67.8 standard deviations = 7.35. The average post test score was 76.2, standard deviation 8.40 Thus the ability of the post test was higher than the ability of the pre test in writing anecdotal texts. Based on the test results of data analysis using the "t test" obtained tcount = 35.80 at a significant level of 5% from the distribution list N = 34 then obtained ttable = 1.69. So, tcount35.80 and ttable, 1.69, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. That is, there is a relationship between the use of caricature media to the ability to write anecdotal texts. Based on the data above, it can be concluded that caricature media have a significant relationship in improving the ability to write anecdotal text for grade X students of UISU Medan private high school.

Keywords: Caricature Media, Writing, Anecdotal Text

Full Text:

PDF

References


Margono .1996. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta

Sudijono,Anas.2009.Pengantar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Rajawali Pres.

Sudjana.2002.Metode statistik.Bandung Tarsito

Surakhman,Winarno.2000.Dasar-Dasar Teknik.Research.Bandung : Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.